Walikota Bitung Hadiri Musrembangnas di Jakarta

Walikota Bitung Hadiri Musrembangnas di JakartaBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Bitung, Jeffry Wowiling menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Menurut Lomban, dalam kesempatan itu, Presiden menyampaikan hal-hal yang akan pemerintah kerjakan dalam lima tahun ke depan, diantaranya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi serta transformasi ekonomi.

Instruksi Presiden juga, bahwa pemerintah ingin menyambung infrastruktur ke kawasan-kawasan industri, produksi pertanian dan perikanan kepada kawasan wisata yang ada di setiap daerah.

“Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini akan mendukung sepenuhnya program kerja tersebut dan semua instruksi Presiden akan menjadi prioritas,” ungkap Lomban.

Lomban juga memaparkan hal prioritas kedua yang menjadi sasaran pemerintah RI yaitu pembangunan SDM, pembangunan kualitas SDM.

“Ini adalah pekerjaan utama kita di lima tahun ke depan agar kita bisa berkompetisi dengan negara-negara lain. Apa yang kita kerjakan di sini, pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota itu harus sama gagasan besarnya, sama perencanaannya, sama ide besarnya,” ujar Lomban meneruskan pesan Presiden.

Lomban juga akan menindaklanjuti arahan meninjau beberapa Perda, sesuai dengan harapan Presiden terkait penyederhanaan regulasi, serta transformasi ekonomi.

“Ini agar memudahkan investor dan membuka selebar lebarnya kesempatan kepada swasta agar tidak banyak membebani APBD,” pungkas Lomban.

Musrenbangnas RPJMN 2020-2024 diikuti jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, para Gubernur, Bupati dan Walikota di Indonesia.(kys)