Ibadah Pra Natal Desa Tombatu Tiga Angkat Kearifan Lokal

Mengangkat Kearifan Lokal, Pra Natal Desa Tombatu Tiga Tampil BedaTOMBATU UTARA, (manadotoday.c­o.id) – Perayaan pra Natal Desa Tombatu Tiga, Kecamatan Tombatu Utara dilaksanakan beda dari biasanya, betapa tidak, Hendra Manopo selaku Hukumtua menyajikan dengan mengangkat tema kearifan lokal.

Diantaranya dengan menyajikan menu makanan dari ubi, talas aliae bete, jagung dan juga pisang santan. Menariknya, alat minum yang digunakan dari potongan bambu. Sampai saguer manis pun disajikan di atas meja beralaskan daun pisang untuk menjamu seluruh masyarakat Desa Tombatu Tiga.

Diungkapkan Manopo, perayaan Natal memang harus dimaknai dengan penuh hikmad dalam perenungan kedatangan Yesus Kristus sebagai juru selamat.

“Dengan tema ini diharapkan tentu masyarakat jemaat bisa lebih memaknai kedatangan Juruslamat di tengah tengah kesederhanaan,” ungkapnya.

Selain itu, Manopo menambahkan diangkatnya tema tradisional dan sederhana diharapkan juga mengangkat kearifan lokal.

“Tradisi dari para tua-tua dahulu tentu belum tahu tentang gelas plastik dan sebagainya. Ini juga mendukung program pemerintah dalam pengurangan barang plastik,” tambahnya.

“Kita bisa memaknai dengan baik akan akan Natal yang bisa berdampak baik bagi iman jemaat dan juga sekaligus mensukseskan program pemerintah.” Ujar Manopo.(ten)