Pemprov Sulut dan Unhan Jalin Kerjasama Pendidikan

Gubernur Olly Dondokambey dan Rektor Universitas Pertahanan Letjen. TNI. Tri Legionosuko
Gubernur Olly Dondokambey dan Rektor Universitas Pertahanan Letjen. TNI. Tri Legionosuko, menandatangani MoU kerjasama di bidang pendidikan.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dan Universitas Pertahanan (Unhan) menjalin kerjasama di bidang pendidikan.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Gubernur Olly Dondokambey dengan Rektor Universitas Pertahanan Letjen. TNI. Tri Legionosuko, di ruang kerja Gubernur Olly, Kamis (21/11/2019).

Menurut Olly, kesepakatan ini bertujuan untuk menghasilkan calon pemimpin yang memiliki wawasan kebangsaan dalam bidang pertahanan setara dengan strata dua.

“Saya menyambut baik adanya nota kesepakatan ini, agar dapat mengembangkan serta memperkaya ASN di lingkup Pemprov Sulut dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada public,” ujarnya.

Sementara pada pertemuan study visit mahasiswa pascasarjana Fakultas Strategi Pertahanan Unhan, Olly berharap seluruh peserta study visit juga mempelajari potensi-potensi yang ada di Sulut baik dari sektor pertanian, perikanan maupun industri pariwisata mengingat strategisnya letak Sulut di bibir pasifik.

Dikatakan Olly, pentingnya posisi Sulut dibuktikan dengan letak pelabuhan Bitung sebagai pintu gerbang perdagangan baik ekspor maupun impor.

“Hal-hal seperti ini kita perlu kaji lebih dalam guna mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah timur,” ungkapnya.

Olly juga memaparkan posisi geografis Sulut yang berdekatan dengan negara tetangga Filipina. Selain itu juga Sulut memiliki 4 kota dan 11 Kabupaten. Sebagai daerah kepulauan, Sulut juga memiliki 287 pulau dimana 59 pulau berpenghuni dan 228 pulau belum berpenghuni.

“Jadi memang Provinsi Sulawesi Utara menjadi sangat strategis dalam wilayah pertahanan negara kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Olly.

Olly berharap, lewat study visit ini akan menghasilkan masukan penting bagi kemajuan Sulut.

“Saya harap universitas pertahanan dapat memberikan masukan yang sangat penting bagi pemerintah,” kuncinya.

Hadir pada pertemuan itu, Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan Mayjen TNI Murlim Mariadi dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (ton)