OD – SK Hadiri Rapat Paripurna Ranperda APBD Sulut T.A. 2020

OD-SK
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, bersama Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan para Wakil Ketua, pada rapat paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam rangka menyampaikan penjelasan tentang Ranperda APBD Sulut Tahun Anggaran (T.A) 2020.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD – SK, menghadiri rapat paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam rangka menyampaikan penjelasan tentang Ranperda APBD Sulut Tahun Anggaran (T.A) 2020 di ruang rapat paripurna DPRD Sulut, Selasa (5/11/2019).

Olly dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas dukungan pimpinan dan anggota DPRD Sulut atas pesatnya pembangunan di Sulut.

“Berkat persatuan, sinergitas, dan kebersamaan yang kuat, serta dukungan dari DPRD Provinsi Sulawesi Utara, kita senantiasa mampu merajut tantangan pembangunan menjadi peluang bahkan kekuatan Sulawesi Utara dalam menghadapi era persaingan global,” ujarnya.

Olly menuturkan, Pemprov Sulut telah menetapkan Tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 yaitu memantapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan peningkatan pemerataan infrastruktur.

Disampaikan Olly, RKPD 2020 memuat 7 prioritas pembangunan.

“Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, Pemantapan sumber daya manusia, Pariwisata, ketahanan pangan dan industri ekonomi kreatif, Pemerataan infrastruktur, Ketenteraman dan ketertiban masyarakat, dan sukses Pemilu Kepala Daerah, Reformasi Birokrasi, serta Mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan hidup,” terangnya.

Terkait pendanaan, Olly menjelaskan ada enam prioritas pada tahun 2020 yaitu’ dana Pilkada 2020, Fungsi Pendidikan paling sedikit 20 persen, Fungsi Kesehatan 10 persen, Pemenuhan pembangunan infrastruktur, Pemenuhan Fungsi Inspektorat 1 persen, dan Pemenuhan Pembangunan SDM Aparatur 0,34 persen.

Lanjut Olly, tahun 2020 adalah tahun demokrasi bagi Pemerintah dan Masyarakat Sulut. Dinamika politik pasti akan berimbas pada beragam dimensi kehidupan terutama di bidang Ipoleksosbudhankam (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial – Budaya, Pertahanan dan Keamanan).

Olly menambahkan, semua pihak diajak secara bersama-sama mengelola beragam imbas dimaksud dalam semangat gotong-royong untuk selalu berbuat yang terbaik bagi masyarakat dan menjadikan tahun 2020 sebagai tonggak untuk melahirkan calon-calon pemimpin bijak, yang selalu amanah dan setia pada 4 pilar kebangsaan yakni : Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Diketahui, dalam RAPBD ini, berdasarkan Permendagri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD T.A. 2020 telah dialokasikan dana Pilkada masing-masing untuk KPU Rp 220 Miliar, untuk Bawaslu Rp 110 Miliar, serta untuk TNI dan Polri Rp 30 Miliar.

Diketahui, dalam rapat paripurna ini dihadiri jajaran Forkopimda Sulut, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (ton)