Kadispora Fietber Raco: Pendidikan Moral dan Karakter Anak Jadi Tanggungjawab Bersama

Kadispora Minsel Dr Fietber Raco
Kadispora Minsel Dr Fietber Raco

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi di era modernisasi karakter dan akhlak generasi muda mulai luntur.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya tindak kriminalitas yang melibatkan generasi muda terlebih para pelajar.
Terbaru kasus penikaman seorang Guru oleh seorang siswa yang berujung kematian di salah satu SMK di Manado.

Menyikapi hal ini Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa Selatan Dr Fietber Raco, menegaskan pentingnya peran orang tua dan masyarakat dalam mendidik serta membentuk karakter anak.

“Artinya janganlah segala sesuatu menyangkut Pendidikan anak dibebankan ke pihak Sekolah dalam hal ini para Guru,” tegas Raco.

Sebab menurut Raco, waktu paling banyak anak dalam beraktifitas adalah di lingkungan rumah dan masyarakat bukan di lingkungan Sekolah.

“Jadi intinya Pendidikan karakter dan moral tanggungjawab bersama,” tegasnya.

Disisi lain Raco menyayangkan aksi pembunuhan terhadap salah satu Guru SMK di Manado yang dilakukan oleh Siswanya sendiri, belum lama ini.

Menurut Kadispora Minsel ini, kejadian luar biasa yang mengerikan tersebut itu didasari oleh persoalan mental dan moral anak didik yang perlu diseriusi dan harus mendapatkan perhatian seluruh elemen mulai dari pemerintah, pihak sekolah dan masyarakat. Apalagi anak-anak di zaman modern ini perlu pengawasan ekstra khusus sehingga tidak terjerumus ke tindakan negatif.

“Sekali lagi Pendidikan pihak Sekolah, pengawasan orang tua dan peran masyarakat sangatlah penting membentuk karakter anak didik menjadi lebih baik. Jika Pendidikan dilakukan bersama-sama saya yakin anak didik akan tumbuh menjadi generasi muda yang unggul, hebat, berkualitas, bermoral dan memiliki budi pekerti yang baik,” pungkasnya. (lou)