Jelang Verifikasi Akhir Adipura, Lomban Ingatkan Pengurangan Sampah

max lombanBITUNG, (manadotoday.co.id) – Jelang verifikasi Adipura tahap akhir, Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi mengingatkan kepada seluruh warga Kota Bitung, agar melakukan pengurangan sampah, terutama sampah plastik sekali pakai.

“Kota Bitung akan menuju pada perebutan piala Adipura Kencana, karena itu salah satu syarat yang paling ketat ialah pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan,” ujar Lomban, Selasa (15/10/2019).

Lanjutnya juga, untuk mendongkrak nilai dalam merebut Adipura Kencana, memang membutuhkan keseriusan seluruh stakeholder.

“Karena itu untuk menjemput Adipura Kencana, membutuhkan komitmen, yang didukung dengan kenyataan dilapangan, terutama lokus-lokus penilaian,” ungkap Lomban.

Lomban juga menambahkan, saat launching Gernas Pilah Sampah Dari Rumah yang digelar pada medio September lalu, pihaknya telah mendapat tips dari Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK, Rosa Vivien Ratnawati, untuk merebut Adipura Kencana, salah satunya pengelolaan sampah yang tidak biasa, harus membentuk Brach Marking sendiri.

Setiap perangkat daerah yang terkait kata Lomban diharapkan dapat menseriusi lokus-lokus yang menjadi tanggung jawab masing-masing.

“Sangat dibutuhkan inovasi dalam pengelolaan sampah. Sampah itu nantinya bukan hanya kumpul, pilah dan buang, karena sampah ada yang bisa dilakukan 3R, ada yang tidak bisa, dengan pilah sampah dari rumah, kita mendukung tekad Pemkot Bitung merebut Adipura Kencana,” ujar Lomban, didampingi Kabag Humas dan Protokol, Albert Sergius.

Ia menambahkan, penilaian yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Kementrian Lingkungan Hidup (KLH), nantinya adalah menyesuaikan dokumen yang ada apakah sesuai dengan yang ada di lapangan.

“Untuk itu mari bersama-sama mewujudkan kebersihan lingkungan mulai dari lingkungan masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bitung Sadat Minabari mengatakan, penilaian akan dilakukan pada akhir bulan Oktober 2019 sesuai dengan informasi terakhir dari KLH. Terkait itu, DLH telah melakukan penilaian pra Adipura yang sudah ditandatangani Walikota Bitung, yang nantinya akan menjadi acuan sebelum Tim Verifikasi KLH turun langsung ke lokus.(kys)