APBD Tomohon 2020 Prioritas Pemulihan dan Peningkatan Ekonomi

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA mengungkapkan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 mendatang prioritas pada pemulihan dan peningkatan ekonomi di samping ada sejumlah pengalokasian lainnya.

Hal itu dikatakan wali kota saat menjelaskan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon dalam Rapat Paripurna Senin (26/8/2019).

Pengalokasian lainnya kata wali kota adalah mengendalikan tingkat inflasi dan bersama kebijakan lainnya meningkatkan pencapaian indeks pembangunan manusia, mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran serta mendukung pengembangan system ekonomi kerakyatan.

‘’Ya, Rencana Kerja Pembagunan Daerah tahun 2020 ini telah disinkronkan dengan prioritas pembangunan nasional maupun prioritas pembangunan Sulawesi Utara,’’ jelas wali kota.

Pada APBD 2020 juga Pemerintah Kota Tomohon mengalokasikan dana untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 melalui belanja hibah maupun melalui program dan kegiatan pada perangkat daerah terkait.

Penganggaran ini berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri no 54 tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Rapat Paripurna itu sendiri dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP didampingi dua wakilnya Caroll JA Senduk SH dan Youddy YY Moningka SIP dihadiri Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh bersama jajaran Pemkot Tomohon. (ark)