OD – SK Gelorakan Semangat Kemerdekaan di HUT ke-74 RI

foto 1
foto 1

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD – SK, gelorakan semangat kemerdekaan pada peringatan HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Sabtu 17 Agustus 2019.

foto 2
foto 2

Diawali dengan pelaksanaan upacara bendera di Lapangan KONI Sario Manado, Olly bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Sedangkan Komandan Upacara Letkol laut (S) Nur Subagiyo yang kesehariannya menjabat Kadispek Lamtamal VIII Manado.

foto 3
foto 3

Upacara turut dihadiri Wakil Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP. PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Edin Silangen, Ketua DWP Sulut Ivonne Lombok, para Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sulut, pejabat teras di Lingkup Pemprov Sulut, Anggota Legiun Veteran, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kalangan siswa.

foto 4
foto 4

Pada upacara yang berjalan hikmah itu, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI, dan membawakan doa Kakanwil Kemenag Sulut.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera dilakukan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 30 siswa SMA berprestasi di 15 Kabupaten dan Kota di-Sulut.

foto 5
foto 5

Di akhir upacara dilanjutkan dengan mendengarkan lagu-lagu perjuangan oleh ratusan pelajar dari sejumlah sekolah di Manado.

Sementara pada sore hari, Olly kembali bertindak sebagai Irup penurunan bendera Merah Putih. Sedangkan Komandan upacara Letkol Inf. Masgen Abas yang kesehariannya sebagai Pabandya Bakti Sterdam XIII/Merdeka.

foto 6
foto 6

Sebelum Paskibraka melaksanakan tugas penurunan bendera, acara diisi dengan puji-pujian lagu kemerdekaan dari ratusan pelajar dari sejumlah sekolah di Manado.

Olly menegaskan, harus terus memaknai kemerdekaan dengan bekerja keras membangun bangsa.

“Seperti saat ini pembangunan di daerah kita terus dilakukan dan mendapat dukungan pemerintah pusat. Dan ini akan mewujudkan cita-cita pahlawan asal Sulut DR Sam Ratulangi, yaitu Sulut adalah pintu gerbang Indonesia di Pasifik,” tegasnya.

foto 7
foto 7

Olly mengatakan, kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan Pembangunan di Sulut melalui berbagai sektor, agar daerah kita makin maju ke depan.

“Semua perjuangan yang kita lakukan hanya untuk memajukan daerah ini, kerja keras akan menjadikan Sulut makin hebat kedepan,” ujarnya.

“Kita harus senantiasa mengingat perjuangan para pahlawan yang berjasa dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Dalam rangka itu, kita melaksanakan upacara dalam rangka memperingati HUT RI setiap tahun,” ungkap Olly.

foto 8
foto 8

Usai pelaksanaan ucapara penurunan bendera, dilanjutkan dengan acara toast kenegaraan dan pesta rakyat.

Kegiatan terlaksana dengan sukses dan spektakuler dengan melibatkan masyarakat umum dan para pedagang makanan gerobak yang juga tak kalah hebohnya dihadiri juga deratan artis penyanyi papan atas Andre Hehanusa.

Pada acara itu, dilaksanakan pemasangan lilin HUT ke-74 RI yang dipimpin langsung Gubernur Olly. (advetorial)