Yopie Recky Sigar Pimpin IATPI Sulawesi Utara

Manado, (manadotoday.co.id) –
Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI)  sudah terbentuk di Sulawesi Utara.

IATPI SulutPengurus IATPI Sulut dikukuhkan oleh Ketua Umun IATPI Dr Khalawi Abdul Hamid, di Hotel Four Point by Sheraton Manado,  Kamis 8 Agustus 2019. Yopie Recky Sigar dipercaya memimpin IATPI Sulut.

Yopie setelah dikukuhkan, mengatakan,  IATPI Sulut akan segera membuat  edaran ke kabupaten/kota, terkait  pembahasan Amdal, maupun hal yang berkaitan dengan lingkungan,  IATPI Sulut agar diikutsertakan dalam pembahasan bidang-bidang tersebut.

“Saya merasa SDM pengurus IATPI Sulut sangat kompeten sudah pengalaman ikut serta pembahasan,  penyusunan dokumen terkait lingkungan hidup,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI), Dr Ir Khalawi Abdul Hamid, MM, MSc memutahirkan 17 Kepengurusan IATPI di daerah, termasuk di Sulawesi Utara.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan partisipasi dan eksistensi IATPI dalam mendukung pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia.

Menurut Khalawi, pada periode kepemimpinannya, IATPI memiliki progam-program strategis.

Khalawi menguraikan, program tersebut masing-masing mendukung Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam mensukseskan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) dan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan melalui pembentukan Klinik IATPI bekerjasama dengan perguruan tinggi dan stakeholder di daerah sebagai wadah pelayanan konsultasi dan advokasi publik di bidang teknik penyehatan dan lingkungan.

Bukan itu saja, program lainnya IATPI menurut Khalawi, mengembangkan kompetensi sumber daya manusia di bidang teknik penyehatan dan teknik lingkungan melalui pelatihan atau kursus kursus melalui program pengembangan keprofesian berkesinambungan (CPD) berdasarkan standar kompetensi nasional dan internasional yang dilengkapi.

Lebih lanjut, kata Khalawi, IATPI akan mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Teknik Penyehatan/Teknik Lingkungan sebagai media Pelayanan IATPI dalam menyelenggarakan uji kompetensi dan sertifikasi keahlian bagi mereka lulusan sarjana teknik penyehatan/teknik lingkungan.

Sementara itu, Sekprov Sulut, Edwin Silangen yang hadir dalam acara itu mengungkapkan, salam dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang belum berkesempatan hadir

“Salam dari gubernur, saat ini sedang mengikuti kongres. Saya pejabat senior yang ada di daerah ini, saya menyampaikan message Pak Gubernur,” kata dia sambil menyatakan menyambut baik akan adanya IATPI di Sulawesi Utara. (hma)