Hadiri Rakor Perencanaan dan Penerimaan ASN di Jakarta, JRK : Tahun 2019 Bakal Dibuka Penerimaan CPNS

jeffry korengkengTONDANO, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi didampingi Kepala BPKSDM Ir Teddy Kamagi, hadir mewakili Bupati dalam kegiatan rapat koordinasi (Rakor) Perencanaan ASN tahun 2020-2024 dan Penerimaan CPNS tahun 2019 di Hotel Bidakara Jakarta, Selatan (30/7/2019). Rakor dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin.
Kegiatan ini membahas tentang jadwal pelaksanaan rekruitmen serta meminta peran aktif Pemerintah Daerah untuk mengusulkan berapa jumlah ASN/CPNS yang dibutuhkan. Selain itu, dibahas pula sinkronisasi besaran anggaran pelaksanaan rekruitmen hingga gaji ASN/CPNS.
“Pemerintah akan kembali membuka lowongan CPNS di tahun 2019 ini, ada sebanyak 100 ribu lowongan CPNS. Itu untuk mengimbangi sekitar 200 ribu ASN yang pensiun tahun ini,” kata Menteri.
Selain CPNS, pemerintah juga akan kembali membuka lowongan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). “Untuk PPPK ada sebanyak 75 ribu lowongan, jadi totalnya 175 ribu,” beber Syafruddin.
Sekda Korengkeng menyambut baik terkait rencana pemerintah pusat, melalui KemenPAN-RB tersebut. “Tentu ini adalah kabar baik bagi masyarakat dan kita di daerah menyambut baik rencana ini,” ungkapnya.
Menurutnya, untuk kegiatan hari pertama Selasa 30 Juli, seluruh perwakilan kabupaten dan kota mendengarkan berbagai materi dari MenPAN-RB, BKN, Mendikbud, dan Mendagri, yang berkaitan dengan berbagai kondisi dan keberadaan ASN, baik dari pusat maupun daerah, termasuk diskusi bersama narasumber dan peserta Rakor.
“Dari hasil diskusi ini, pihak pemerintah pusat akan mengelola berbagai isu dan keluhan daerah khususnya ASN dan PPPK,” tandas Sekda.
Adapun pembahasan rekruitmen ASN di Pemerintah Kabupaten Minahasa sesuai jadwal berlangsung Kamis 1 Agustus 2019. “Jadi sesuai jadwal ini saya dan Kepala BKSDM akan ikut pembahasan teknis terkait rencana penerimaan ASN 2020-2024, termasuk rencana pengadaan CPNS tahun 2019 untuk Kabupaten Minahasa,” jelas Sekda. (rom)