Bupati James Sumendap Hadiri Peringatan Hari Tanpa Tembakau di Jakarta

Bupati James Sumendap Hadiri Peringatan Hari Tanpa Tembakau Se-Dunia di JakartaJAKARTA, (manadotoday­.co.id) – Bupati James Sumendap SH, menghadiri peringatan Hari Tanpa Tembakau Se-dunia, atau World No Tobacco Day (WNTD) di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

“Ini merupakan kegiatan dalam upaya kampanye untuk kesehatan paru-paru, dan anti tembakau,” kata Kepala Dinas Kesehatan Minahasa Tenggara (Mitra) dr Helni Ratuliu saat mendampingi Bupati.

Ia mengungkapkan, pihaknya secara serius mengampanyekan kesehatan paru-paru di Mitra dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

“Kami terus kampanye, seperti dampak negatif tembakau terhadap kesehatan paru-paru manusia, mulai dari kanker hingga penyakit pernapasan kronis. Selain itu juga tentang fungsi paru-paru terhadap kelangsungan hidup manusia,” jelasnya.

Lanjut Helni, kampanye tahunan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang efek berbahaya dari penggunaan tembakau dan paparan asap rokok.

“Kesadaran masyarakat sangat kami harapkan untuk menjaga kesehatan paru-paru,” ujarnya.

Ia mengatakan, Pemkab telah menyiapkan program-program dalam rangka mengajak masyarakat untuk hidup sehat.

“Program gerakan masyarakat sehat akan terus kami galakan di seluruh kecamatan dengan melibatkan Puskesmas,” tandas Helni.(ten)