Wali Kota Tomohon Bahas Kenyamanan Transportasi Minimalisasi Kemacetan di APCS

Delegasi Kota Tomohon di APCS Brisbane
Delegasi Kota Tomohon di APCS Brisbane

BRISBANE, (manadotoday.co.id)—Dalam keikutsertaannya di Forum Asia pacific Ciries Summit (APCS) di Brisbane Australia 7-11 Juli 2019, wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak turut membahas pengembangan kota-kota anggota citynet termasuk solusi untuk kenyamanan dalam transportasi dalam meminimalisasi kemacetan.

Mendampingi Wali Kota, Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh, Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Tomohon Fransiskus Ferdinand Lantang SSTP, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Ruddie A lengkong SSTP  dan sejumlah anggota DPRD Tomohon.

‘’Ya, kami membahas banyak hal tentang kemajuan kota-kota anggota Citynet, termasuk dalam mengatasi kemacetan sehingga membuat nyaman dalam transportasi,’’ ujar wali kota.

Peserta memperoleh pembekalan dalam pengembangan kota   cerdas dengan mencontohi Kota Ipswich di Australia yang begitu sukses dalam menerapkan kota cerdas sehingga menjadi 7 kota top sebagai pemimpin global dalam penerapan inovasi untuk mengembangkan transformasi ekonomi dan sosial.

Peserta yang hadir yakni wali kota dari Negara-negara Asia Pasifik seperti Korea, China, Jepang, India, Malaysia dan Indonesia.

Wali Kota dari Indonesia hadir Wali Kota Bogor Arya Bima, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina serta sejumlah Walikota lainnya dari Provinsi Sumatera, Kalimantan, NTB yang mewakili Komisariat Wilayah Apeksi di Indonesia.

Narasumber atau pemateri APCS terdiri dari orang-orang hebat dengan segudang pengalaman serta telah meraih sukses dalam berbagai bidang.

Kota Tomohon fokus membahas smart city, inovasi publik,  pengembangan Kepariwisataan dan transportasi serta kegiatan lainnya.

Di forum ini WaliKota juga akan “sharing’ informasi terkait promosi pelaksanaan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 menunjang kepariwisataan nasional sekaligus pengembangan Kota Cerdas Tomohon.

Kota Brisbane sendiri merupakan daerah maju di bidang transportasi dengan mengoperasikan 21 Armada CityCats dan 9 Feri Monohull (termasuk City Hoppers). Jaringan 25 terminal terbentang dari The University of Queensland di StLucia (UQSt Lucia), hingga Northshore Hamilton.

Sebagai bagian dari komitmen pemerintah Australia menghadirkan jaringan transportasi umum kelas dunia, Dewan (DPRD) Brisbane memperkenalkan SpeedyCats pada September 2018. SpeedyCats menyediakan 100 layanan jam sibuk ekspres setiap minggu. Contoh yang baik dapat diterapkan dan disesuaikan dengan anggaran yang ada. (ark)