ROR Resmikan Gereja Katolik Teep dan Kaayuran

ROR Resmikan Gereja Katolik Teep dan KaayuranTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si, (ROR) menghadiri acara syukuran Pesta Pelindung Paroki dan Pemberkatan Gereja Katolik stasi ST. Yohanes Kaayuran serta Perayaan Penerimaan Sakramen Krisma oleh Uskup di Gereja Katolik Stasi STA. Maria Goretty Teep yang dirangkaikan dengan peresmian Gereja Katolik Teep dan Kaayuran, Minggu (30/6/2019).

Bupati Minahasa dalam sambutannya memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yesus Kristus, oleh tuntunan dan kasih-Nya sehingga acara pengtahbisan dua gereja oleh yang mulia bapak uskup, dari Gereja Katolik Stasi ST. Maria Goretty Teep kemudian pindah ke Gereja Katolik Stasi Santo Yohanes Pembaptis bisa terselenggara dengan baik.

“Selaku pemerintah kabupaten Minahasa dan pribadi keluarga Roring- Lumanauw juga Wakil Bupati keluarga Dondokambey – Lengkong, dan seluruh perangkat menyampaikan banyak selamat, kepada umat katolik di wilayah Teep dan Kaayuran, atas pentahbisan paroki, ” ujar Bupati.

Baik pemerintah provinsi maupun kabupaten Minahasa, tetap berkomitmen untuk membantu dan menopang pembangunan rumah ibadah, di daerah ini ada 924 rumah ibadah termasuk didalamnya ada 33 mesjid, 7 musolah, 1 vihara dan 1 tempat ibadah umat hindu.

“Sisanya gereja – gereja GMIM umat Kristiani baik KGPM maupun Protestan, dan tahun yang lalu oleh pak Gubernur Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa, sudah berusaha menopang lebih dari 30% yang sudah bantu, begitu juga Pemerintah Kabupaten Minahasa, kalau tidak salah sudah 165 rumah ibadah yang sudah dibantu, tapi untuk tahun ini ada sedikit menurun, tapi mudah-mudahan tahun depan akan ditingkatkan lagi, termasuk stasi – stasi dan paroko-paroki umat katolik yang ada di Minahasa. Kami mohon arahan dari Pak Uskup, kira-kira kegiatan apa saja yang bisa ditopang oleh pemerintah kabupaten Minahasa, dan kami berkomitmen bersama pak Gubernur akan meminta usulan-usulan dari pimpinan-pimpinan umat ketika penyusunan APBD, demikian pula kabupaten Minahasa dalam waktu dekat ini akan mengfinalisasi penyusunan APBD Perubahan untuk APBD 2020. “ujar bupati.

Bupati juga mengajak untuk mendoakan dan menopang pemerintah agar tetap memberi diri melayani umat dan bisa menjadikan saluran berkat untuk rakyat Minahasa.

Acara dilanjutkan dengan penandatangana Prasasti Gereja Katolik Stasi STA. Maria Goretty Teep, Paroki ST Petrus Langowan, dan Gereja Katolik Stasi ST Yohanes Kaayuran Atas, Paroki ST Petrus Langowan.

Turut hadir yang Mulia Bapa Uskup Manado Uskup Benediktus Estephanus Roly Untu, M.Sc, Pastor Vikep Tondano Mitra, Pastor Leksi Nangoy,PR, Pastor Noldy Karamoy, DPP Paroki ST Petrus Langowan dan ST Lukas Ratahan, Peter Vion OCD (Biara Kiawa), Pembimas Katolik Kanwil Sulut Dra Joula Makataung, MM, Para Biarawan-Biarawati, Kadis Perhubungan, Ir Hengky Kaunang, Mewakili Komandan Lantamal VIII Manado Kolonel Arnold (Asisten Intel), Camat Langowan Selatan Dolfie Tumangkeng,SE, Kapolsek Rural Langowan Raya, Iptu Ferdi Suluh, Hukum Tua Desa Kaayuran Atas Ibu Cherly Kembuan, beserta perangkat desa dan tamu undangan. (rom)