Pemprov Sulut Terbaik Dalam Pengelolaan Manajemen ASN dan Pengawasan Pengendalian Kepegawaian

BKD Sulut
Kepala BKD Sulut Femmy Suluh, ketika menerima penghargaan yang diserahkan Kakanreg XI BKN Manado Wakiran.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atau OD-SK, kembali menuai prestasi. Kali ini dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pemprov Sulut berhasil menyabet penghargaan BKN Regional XI Award 2019 sebagai provinsi terbaik pertama dalam hal pengelolaan manajemen aparatur sipil negara (ASN) dan terbaik pertama pengawasan dan pengendalian kepegawaian Pemerintah Provinsi.

Penghargaan itu diterima langsung Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh dari Kakanreg XI BKN Manado Wakiran, pada Rakor Percepatan Pelaksanaan Sistem Merit dalam Penyelenggaraan Manajemen ASN di lingkup BKN Regional XI Manado yang dilaksanakan di Yogyakarta, Rabu kemarin.

“Semoga motivasi dan semangat akan semakin kuat, membangun manajemen ASN yang semakin berkualitas, terus belajar dan tidak berpuas diri,” ujar Suluh, usai menerima penghargaan tersebut.

Diketahui, selama ini Pemprov Sulut memaksimalkan pelayanan kepegawaian dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satunya adalah menerapkan Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), aplikasi pusat data induk pegawai yang meliputi riwayat pendidikan, keluarga, gaji, diklat, dan sebagainya.

Penggunaan teknologi informasi akan mempemudah untuk mencari data demi meningkatkan kualitas manajemen kepegawaian. Selain itu, ada sembilan faktor penting dalam mewujudkan pengelolaan manajemen kepegawaian yang berkualitas.

Indikator tersebut antara lain perencanaan formasi, pelayanan pengadaan, pelayanan pensiun, pelayanan kenaikan pangkat, implementasi Computer Assisted Tes (CAT), dan implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK).

Ada juga penilaian kompetensi, implementasi penilaian kinerja, dan komitmen pengawasan dan pengendalian.

Adapun kegiatan yang dirangkaikan dengan Rakor Percepatan Pelaksanaan Sistem Merit dalam Penyelenggaraan Manajemen ASN di lingkup BKN Regional XI Manado ini turut dihadiri Ketua KASN Sofian Effendi dan tenaga ahli KPK Audy Wuisang. (ton)