Evaluasi Gerakan 100 Smart City, Kontu Paparkan Berbagai Aplikasi ‘Cerdas’ Pemkot Manado

smart city
Evaluasi Gerakan 100 Smart City, Kontu Paparkan Berbagai Aplikasi ‘Cerdas’ Pemkot Manado

MANADO, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Kominfo Kota Manado Erwin Kontu didampingi Kepala Bidang Aptika Heintje Lombone, menghadiri kegiatan evaluasi Tahap 1 Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 bertempat di Hotel Aston Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (19/6/2019).

Dihadapan assesor independen yang terdiri dari akademisi, pegiat IT dan pejabat Kementerian Kominfo, Kontu memaparkan progress implementasi Smart City di Kota Manado, didalamnya termasuk Cerdas Command Center (C3), Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA), dan aplikasi Pajak Online Terpadu (PONTER) sebagai program unggulan dari dimensi smart governance dan smart economy.

Selain itu, ia juga menjabarkan program Inovasi Smart City jangka pendek yang sudah dan telah dilaksanakan di tahun 2018 dan 2019, diantaranya pengembangan aplikasi TAUPANG (pantauan harga pangan), RICCA (ramalan iklim dan cuaca), SITASYA (sistem pemantauan untuk masyarakat) dan RETE (antri online pelayanan publik).

Kemudian, ia memaparkan pengembangan infrastrukur TIK, perluasan jaringan FO, perbaikan ruang server dan penambahan bandwith internet. Juga dari sisi regulasi dibuat Perwako Manado Smart City.

Kabid Aptika Heintje Lombone juga turut memaparkan proses pengembangan aplikasi layanan publik dengan bertitik tolak pada masterplan smart city.(ryan)