JRK Ikuti Rakornas Tim Terpadu Kewaspadaan Nasional

Iwan Maswonggo,Robby Korengkeng, Tim Terpadu Kewaspadaan NasionalJAKARTA, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH, M.Si (JRK), didampingi Sekretaris Badan Kesbangpol Iwan Maswonggo, mengikuti Rakornas Tim Terpadu Kewaspadaan Nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Kewaspadaan Nasional Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri RI bertempat di Grand Ballroom Hotel Grand Paragon Jakarta, Jumat (16/5/2019).

Menkopulhukam RI Jend. TNI (Purn) DR. H. Wiranto, SH, saat membawakan arahan mengatakan perlunya sinergitas antara pusat dan daerah dalam rangka menetralisir ancaman khususnya isu yang berkembang pasca Pemilu 2019.

Wiranto mengharapkan koordinasi dari Forkopimda baik Provinsi maupun di Kabupaten/Kota untuk mencegah, mengantisipasi indikasi/­kecenderungan terjadinya konflik sosial. Dia mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan pasca pemilu 2019.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Gubernur Jawa Timur yang mendapat penghargaan terbaik Provinsi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial, Pemaparan Materi oleh TNI dan Pemaparan oleh POLRI dam ditutup oleh Pengarahan Mendagri, dimana disampaikan bahwa perlunya deteksi dini dalam pencegahan konflik sosial.

Diingatkan oleh Mendagri mengenai peran Camat untuk dapat berkoordinasi dengan Forkopimcam bahkan BIN, selain itu juga Peran Kesbangpol, Satpol PP di daerah juga diharapkan dapat membantu penanganan konflik sosial di daerah.

Menurut Tjahjo Kumolo kunci penanganan konflik sosial itu ada pada koordinasi tiap elemen di daerah.(rom)