Eman Buka Latsar CPNS Golongan III Angkatan I

Wali Kota menyematkan tanda peserta Latsar CPNS Golongan III Pemkot Tomohon
Wali Kota menyematkan tanda peserta Latsar CPNS Golongan III Angkatan I Pemkot Tomohon

MINUT, (manadotoday.co.id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA Selasa (7/5/2019) membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan I di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Sulawesi Utara. Kegiatan yang akan berlangsung selama 51 hari tersebut dikuti 186 CPNS Golongan III di lingkup Pemkot Tomohon.

Saat membuka kegiatan, wali kota mengatakan, Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, merupakan syarat wajib dalam pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah melalui Pendidikan dan Pelatihan Pra Jabatan (Prajab) yang dalam Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS disebut dengan Pelatihan Dasar (Latsar).

CPNS peserta Latsar Golongan III Angkatan I tahun 2019 Pemkot Tomohon
CPNS peserta Latsar Golongan III Angkatan I tahun 2019 Pemkot Tomohon

‘’PNS sebagai unsur utama sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,’’ kata wali kota.

Pelatihan Dasar ini lanjutnya, ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

‘’Apa yang diperoleh hendaknya diaplikasikan di perangkat daerah di mana kamu ditempatkan,’’ tukas Eman.

Kegiatan dihadiri Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir Jefry Senduk, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Tomohon Drs Daniel Pontonuwu. (ark)