Bupati Minahasa Irup Upacara Peringatan Hardiknas

roy roring, Hardiknas minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, dirangkaikan dengan Hari Otonomi Daerah dan Hari Kartini, Kamis 2 Mei 2019, di lapangan Sam Ratulangi Tondano.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si. Dalam sambutannya, Bupati membeikan apresiasi kepada mereka yang baru menerima surat keputusan (SK) dan penghargaan dalam dunia pendidikan dan kesetaraan gender.

“Saya yakin dan percaya rakyat Minahasa sudah mempertimbangkan kesetaraan gender, mari kita pertahankan terus apa yang sudah diperjuangkan oleh pahlawan kesetaraan gender ibu. R. A. Kartini dan juga ibu Walanda Maramis , ” ujar Bupati.

“Atas nama Bupati dan Wakil Bupati mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional, Hari Otonomi Daerah XXIII, dan Hari Kartini .Kiranya semangat perjuangan para pendahulu kita dapat kita lanjutkan demi mewujudkan apa yang kita harapkan yaitu Minahasa Hebat, Sulut semakin Hebat serta Indonesia Hebat dan semakin sejahtera.” tukas Roring.

Sebelumnya Bupati, membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang didalamya kita diajak untuk bersyukur, bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tanggal 17 April 2019 yang lalu.

Dilihat dari sudut pandang pendidikan, Pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan. Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden dalam banyak kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastrukur ke pambangunan sumber daya manusia. Di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya , ” jelas Bupati.

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah kita konsentrasi segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Selanjutnya, Bupati membacakan amanat Menteri dalam Negeri pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII tanggal 25 April 2019. Tema Otonomi Daerah tahun ini adalah “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”.

“Tema peringatan ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah. Muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat. Disamping itu, diharapkan daerah mampu meningkatkan data saing dengan mempertahankan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah , ” terang Bupati.

Sebelum sambutan, ada penyerahan piagam penghargaan UNBK Mandiri, Sekolah Model, Sekolah Rujukan, Sekolah terakreditasi, Penghargaan Kepada Siswa Berprestasi, serta Penyerahan SK Pensiun, dan SK CPNS secara simbolis. (rom)