Dinas Dukcapil Minahasa Layani Pembuatan e-KTP Setiap Hari

Dinas Dukcapil Minahasa, Drs Riviva Maringka,TONDANO, (manadotoday.co.id) – Demi menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) setiap hari termasuk Sabtu dan Minggu yang seharusnya merupakan libur bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini disampaikan Kepala Disdukcapil Minahasa Drs Riviva Maringka, Jumat (5/4/2019).

“Pelayanan e-KTP tetap dibuka lada hari Sabtu dan Minggu khusus tanggal 6,7,13,14 April 2019. Juga pada tanggal 17 April yang merupakan hari penyelenggaraan Pemilu, sebelum pemungutan suara berlangsung kami tetap melayani perekaman e-KTP, ” jelas Maringka.

Menurutny,a perekaman E-KTP tiap hari itu merujuk pada Surat Kemendagri Nomor 471.13/2518/­Dukcapil tertanggal 28 Maret 2019 yang menginstruksikan kepada jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota untuk meningkatkan pelayanan khususnya perekaman e-KTP.

“Pelayanannya di kantor Dukcapil Minahasa, dibuka mulai pada jam 08.00 Wita sampai dengan 16.00 Wita,” katanya.

Maringka menyebut jika kebijakan itu dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada warga Minahasa yang belum melakukan perekaman e-KTP supaya bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2019.

“Disamping itu, pelayanan mobile di kecamatan, desa dan kelurahan tetap dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” pungkasnya. (rom)