ROR-RD Hadiri Musrenbang Regional Sulawesi 2019, Minahasa Terbaik III Pembangunan Daerah

Musrenbang Regional Sulawesi 2019, TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey S.Si (RD), menghadiri musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Regional Sulawesi Tahun 2019 dan Pembukaan Musrenbang RKPD 2020 Provinsi Sulawesi Utara, Senin 1 April 2019.

Acara ini dihadiri Oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O E Kandouw, Wakil Ketua MPR RI E.E Mangindaan, mewakili Menteri Dalam Negeri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Dalam Negeri RI Drs Teguh Setyabudi, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sulaiman, Wakil Gubernur Sulawesi Barat Hajah Erni Anggraini Anwar, Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim, Forkopimda Sulawesi Utara, serta bupati dan walikota se-Sulawesi Utara.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutannya meminta agar acara yang begitu penting ini harus diikuti dengan baik sampai tuntas, karena Musrenbang ini sesuai dengan tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi, pengembangan pembangunan daerah jangka panjang, dan rencana pembangunan jangka menengah serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah rencana pembangunan jangka menengah, karena tidak ada daerah yang bisa berdiri sendiri baik kabupaten kota maupun provinsi, harus saling suplementer dan komplementer karena ada timbal balik dengan sebab akibat dari pembangunan daerah dalam menetapkan pendekatan kepada Kementerian.

“Saya mengajak pula bersama-sama mencermati masalah perdagangan harus diciptakan cluster-cluster di pulau Sulawesi dengan industri barang-barang dan produk-produk dari Sulawesi saja yang digunakan tidak ambil dari pulau yang lain, begitupula dengan masalah energi yang kita tahu energi yang ada di Sulawesi berkelebihan yang luar biasa dengan 60 KW, tapi kita masih mengontrak kapal dari Turki selama 32 tahun lagi. Masalah perikanan sekarang ibu menteri belum memberikan izin usaha perikanan sehingga saat ini kami Gubernur dan Wakil Gubernur mencari solusinya dengan bekerjasama agar Rakyat betul-betul merasakan bagaimana manfaat Pemerintah yang ada di Sulawesi , ” ujarnya.

Dan akhir acara Musrenbang ini Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey MSi menerima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik ke III Tingkat Provinsi Sulawesi Utara. (rom)