174 Praja IPDN Kampus Sulut Akan Lakukan Praktek Lapangan di Mitra

IPDN Kampus Sulut, Arnold F. Bura, RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Sebanyak 174 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sulut, yang berasal dari seluruh Indonesia, akan melaksanakan praktek lapangan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), selama 21 hari, mulai dari tanggal 26 Maret sampai 16 April.

Wakil Direktur Bidang Keprajaan IPDN Kampus Sulut Arnold F. Bura, S. IP, M. AP mengatakan, 174 Praja IPDN Kampus Sulut akan melaksanakan praktek lapangan baik Nindya Praja, dan Madya Praja di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Untuk praktek lapangan Nindya Praja fokusnya ada di SKPD, dan untuk yang tingkat dua Madya Praja fokusnya ada di kecamatan,” ujarnya.

Dia berharap, dengan praktek lapangan yang dilakukan nanti, para praja bisa lebih kompeten didalam memadukan antara teori-teori yang mereka dapat di kampus dengan praktek di lapangan tentang pemerintahan dan pembinaan kemasyarakatan.

“Dengan harapan mereka benar-benar siap ketika selesai dari IPDN, untuk terjun langsung kemasyarakatan hingga di tingkat Kelurahan dan SKPD,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwa, tujuan praktek lapangan ini untuk memberikan pemahaman pada praja. Praktek ini harus ada di lingkungan SKPD agar memahami tugas dan fungsi masing-masing dinas yang ada di SKPD.

“Dengan adanya praktek ini, mereka akan lebih muda memahami tugas dan fungsi setiap dinas. Jadi, jika mereka tamat nanti, sudah bisa langsung bekerja memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,”tandas Arnold.(ten)