Hadiri Tanam Perdana Demplot Padi Sawah, RD: Ketersedian Pangan Salah Satu Prioritas Pemerintah

Robby Dondokambey S.Si, Demplot Padi Sawah Phonska Plus, Gapoktan Songkel ,PT Petrokimia Gresik,SONDER, (manadotoday.co.id) – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si (RD), menghadiri kegiatan Tanam Perdana Demplot Padi Sawah Menggunakan Phonska Plus dan Petragonik kerjasama Gapoktan Songkel dan PT Petrokimia Gresik, Jumat (8/2/2019) di Desa Tincep, Kecamatan Sonder.

Kegiatan ini diawali dengan prosesi tanam padi yang diikuti langsung oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si.

Dalam sambutannnya, Wakil Bupati menyampaikan pembangunan pertanian tanaman pangan mempunyai peran penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional, sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan. Dalam pelaksanaannya terutama di lapangan, kita selalu saja diperhadapkan pada permasalahan klasik, untuk itu diperlukan kesamaan presepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronasi teknis program/kegiatan dalam rangka pembangunan pertanian kearah yang lebih baik.

“Stabilitas nasional erat kaitannya dengan kecukupan dan ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat. Pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut dengan jalan meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian terutama padi. Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, oleh karena itu kebutuhan pangan di suatu daerah mutlak harus dipenuhi, ” ujar RD.

“Dalam rencana kerja pemerintah, ketahanan pangan termasuk salah satu prioritas, mengingat jumlah penduduk semakin meningkat yang dibarengi dengan kebutuhan pangan yang semakin meningkat pula, sementara ketersediaan lahan terutama lahan sawah semakin sempit yaitu dengan adanya alih fungsi lahan,” urai RD.

Potensi sumberdaya lahan pertanian di kabupaten ini cukup strategis yaitu mencapai 75.000 Ha, dimana luas lahan sawah 5.500 Ha, sedangkan luas sawah di Kecamatan Sonder 363 Ha, sementara luas lahan sawah lokasi tanam 84 Ha.

Pada kesempatan ini yang difasilitasi oleh BUMN Petrokimia Gresik yang bekerjasama dengan 10 kelompok tani seluas 5 Ha, kedepan diharapkan Kecamatan Sonder bahkan seluruh kecamatan di Kabupaten Minahasa yang memiliki potensi padi sawah, dapat dibantu dibuatkan demplot untuk petani. Disamping itu pula penggunaan teknologi dalam pengelolaan hasil pertanian kiranya dapat dimanfaatkan demi meningkatkan produktivitas hasil-hasil pertanian.

“Di tahun 2019 ini pemerintah Kabupaten Minahasa telah mengalokasikan anggaran untuk menunjang potensi pertanian, khusus di Kecamatan Sonder dialokasikan untuk 26 kelompok tani berupa bibit padi sawah sejumlah 150 Ha serta beberapa bantuan lainnya yang sejalan dengan visi kami yang terwujudnya Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat adil dan sejahtera dan selanjutnya dijabarkan dalam Misi Mewujudkan Kemandirian ekonomi dengan mendorong sektor pertanian perikanan dan pariwisata,” jelas Dondolambey.

Tersedianya semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan harus didukung pula oleh sumberdaya manusia yang handal, yaitu unsur teknis dari dinas pertanian untuk membimbing dan membina masyarakat.

Dalam kesempatan ini Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si bersama PT Petrokimia Gresik menyerahkan hadiah undian kepada masyarakat berupa hand Sprayer dan paket pestisida.

Turut hadir Direksi PT. petrokimia Gresik Bpk. Trudo Nainggolan, Bpk. Junianto Simaremare, Bpk. Asep Sagpul Muslim  Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Chintia Keintjem, Kadis Pertanian Ir. Suhban Torar, Camat Sonder Drs. Rouldy Mewoh, Kapolsek Sonder IPTU Stenly Korua, Danramil Sonder Peltu Donny Pasiowan, Kadis Kelautan dan Perikanan Ir. Janny Moniung, Kadis Pekerjaan Umum Novry Lontaan ST, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Drs Moudy L Pangerapan MAP, Kabag TUP dan Keuangan Setdakab Minahasa Lonna O. K. Wattie SSTP, Hukum Tua Sonder Bpk Ronny Dapu, Gabungan Kelompok Tani Songkel Sonder, para petani Se-Kecamatan Sonder,  dan tokoh masyarakat. (rom)