Pemkot Tomohon Gelar Konsultasi Publik RKPD 2020

Sekretaris Kota Tomohon membawakan materi dalam Konsultasi Publik RKPD 2020
Sekretaris Kota Tomohon membawakan materi dalam Konsultasi Publik RKPD 2020

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbang) Jumat (1/2/2019) menggelar Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 di Grand Master Resort Kakaskasen Satu Tomohon Utara.

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh sekaligus membawakan materi. Dalam materinya, Lolowang mengatakan, sebagai dokumen resmi pemerintah daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

‘’Penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2020 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dalam penyusunannya,’’ kata Lolowang.

Anggota DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakiat yang hadir di Konsultasi Publik RKPD 2020
Anggota DPRD, tokoh agama dan tokoh masyarakiat yang hadir di Konsultasi Publik RKPD 2020

Dikatakannya, Pemerintah Kota Tomohon melakukan suatu terobosan dalam hal perencanaan yang juga menunjang program EMAS melalui pelaksanaan e– goverment yaitu dengan  membuat suatu sistem perencanaan berbasis website yang dikenal dengan nama Si Andal Tom atau Sistem Informasi Perencanaan dan Pelaporan Kota Tomohon, yang di vdalamnya memuat beberapa aplikasi seperti e-pokir, e-proposal, e-musrenbang, e-renja, e-rkpd, dan e-report, sehingga dapat mempermudah penyusunan dokumen perencanaan dalam hal ini penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2020.

Konsultasi Publik RKPD dilaksanakan untuk menerima masukan, saran dan program yang akan dilaksanakan di tahun 2020 nanti.

‘’Semoga berbagai pemikiran, masukan, saran dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan Kota Tomohon,’’ tukas Lolowang.

SEmentara Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur MAP dalam materinya menitikberatkan pada Tomohon menuju Kota Pariwisata Dunia.

Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang menandatangani berita acara konsultasi publik
Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang menandatangani berita acara konsultasi publik

‘’Tentunya, untuk menuju Kota Pariwisata Dunia, dibutuhkan infrastruktur penunjang serta Sumber Daya Manusia yang handal,’’ kata Wenur. Selain Wenur, turut hadir Wakil Ketua DPRD Youddy YY Moningka SIP serta anggota Piet HK Pungus SPd, Frets Keles ST dan Erens Kereh AMKL.

Sementara Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Ir Ervinz DH Liuw MSi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2020.

‘’Rancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan musrenbang RKPD tingkat kecamatan dan sebagai acuan, penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja  Perangkat Daerah,’’ tukas Liuw.

Hadir juga Asisten Kesra Setda Kota Tomohon Drs Octavianus DS Mandagi, bersama Asisten Perekonomian Max Mentu SIP MAP, para tokoh agama dan masyarakat, bersama unsur Perangkat Daerah. (ark)