Media Korea Wawancarai Lomban Soal Sampah

 Korean Broadcasting System, Mr Mark,Max J Lomban , pengelolaan Sampah bitungBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Max J Lomban menerima kunjungan wartawan Korean Broadcasting System (KBS) Mr Mark, di Kota Bitung, Jumat (11/1/2019).

Channel broadcast terbesar di Korea ini, meliput dan melihat secara langsung tentang keberadaan Kota Bitung khususnya tentang program Pengurangan Sampah Plastik berdasarkan Peraturan Walikota Bitung Nomor 70 Tahun 2018. Materi yang dibahas dalam wawancara tersebut adalah tentang program dan aturan yang ada, dalam rangka mengurangi sampah plastik, termasuk juga langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung.

Lomban menjelaskan, saat ini semua Aparatur Sipil Negara (ASN) wajib bawa tumbler, tidak lagi menyediakan minuman dalam kemasan botol dan gelas plastik, serta melakukan kerjasama dengan pelabuhan perikanan dengan memberi manifestasi barang logistik di setiap perahu/kapal nelayan yang harus dibawa kembali ke darat, sehingga tidak ada sampah yang dibuang di laut.

“Sampah plastik yang berakhir di lautan sangat berpotensi mencemari dan memberikan dampak yang serius bagi keseimbangan ekosistem di laut, pengurangan (reduksi) sampah adalah kuncinya. Dan untuk itu semua pihak harus berperan aktif dalam mewujudkannya,” ulas Lomban.(kys)