Cegah Penyebaran DBD, Besok Pemkab Minahasa Gelar Gerakan Bersih-bersih Lingkungan

Penyebaran DBD, DBD minahasa
Bupati Minahasa Royke Roring

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Menindak lanjuti instruksi Bupati Minahasa dalam rangka penanggulangan DBD, maka Pemerintah Kabupaten Minahasa akan melaksanakan gerakan bersih-bersih lingkungan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Minahasa.

Menurut Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Drs. Moudy Pangerapan, MAP, kegiatan ini akan dilaksanakan besok hari Jumat, 11 Januari 2019 jam 07.00 wita sesuai surat edaran bernomor 005/004/­sekt-eko-sda yang ditandatangani Sekda Minahasa Jeffry Korengkeng mengatasnamakan Bupati Minahasa tertanggal 9 Januari 2019.

“Pelaksanaan kerja bakti akan difokuskan pada wilayah-wilayah yang berpotensi mewabahnya DBD serta membersihkan wadah-wadah yang dapat menjadi genangan air,” kata Pangerapan, Kamis (10/1/2019).

Dalam isi surat menyampaikan bahwa Pimpinan OPD agar melibatkan seluruh ASN di lingkungan kerja masing-masing dengan membawa peralatan kerja bakti. Para camat menginstruksikan seluruh hukum tua/lurah bersama perangkat untuk mengajak masyarakat membersihkan lingkungan tempat tinggal masing-masing. Sementara kepala dinas pendidikan agar menginstruksikan seluruh sekolah untuk membersihkan lingkungan sekolah masing-masing.

“Bagi desa atau kelurahan yang memiliki kesepakatan waktu kerja bakti agar dapat menyesuaikan sesuai waktu yang disepakati. Khusus Kepala Dinas Kesehatan agar menginstruksikan para kepala puskesmas untuk melakukan fogging di wilayah yang rawan DBD. Khusus Kepala Lingkungan Hidup agar mengatur pembagian wilayah untuk mobil pengangkut sampah,” papar Pangerapan sambil menambahkan bahwa kerja bakti ini akan dipantau oleh Asisten I diwilayah Dapil III, Asisten II di wilayah Dapil II, Asisten III Dapil I dan Inspektur Daerah di wilayah Dapil IV. Hasil pemantauan akan dilaporkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa. (rom)