Bupati ROR Instruksi Cegah DBD

DBD, DBD minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Mewabahnya kasus demam berdarah dengue (DBD) akhir-akhir ini, membuat Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si, (ROR) menginstruksikan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, mulai dari Kepala SKPD, ASN terutama para camat, lurah dan hukum tua, agar melakukan tindakan pencegahan.

Berikut instruksi yang dikeluarkan oleh bupati:

1. Di musim penghujan ini instruksikan agar masyarakat memperhatikan jangan ada genangan air hujan yang tertampung di pot bunga, botol kemasan air mineral, kaleng cat bekas dan lain-lain yang ada di lingkungan dekat rumah yang menjadi sarang bertelur dan berkembang biaknya nyamuk aedes agepty pembawa virus DBD.

2. Berikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kegiatan penyemprotan atau fogging bukan cara yang efektif untuk memberantas nyamuk demam berdarah ketimbang kegiatan menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing secara rutin dan terpadu.

3. Lakukan 3M Plus yaitu :
1. Menguras
2. Menutup tempat penampungan air
3. Mengubur barang bekas dan atau melakukan daur ulang.
4. Mengawasi kompleks pekuburan yang banyak orang berziarah dan membawa bunga agar bunga tidak diletakkan di wadah yg diisi air, sehingga mencegah terbentuknya media bagi nyamuk aedes agepty bersarang dan berkembang biak.

“Saya minta hal-hal ini di perhatikan dan segera di tindak lanjuti.” tegas bupati, baru-baru ini. (rom)