412 Peserta CPNS Minahasa Tenggara Ikut Tahapan Seleksi Kompetensi Bidang

412 Peserta CPNS Minahasa Tenggara Ikut Tahapan Seleksi Kompotensi BidangMINUT, (manadotoday.c­o.id) – Sebanyak 412 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mengikuti tahapan Seleksi Kompotensi Bidang (SKB), Minggu (9/12/2018). Berbeda dengan tahapan sebelumnya, pelaksanaan SKB digelar di Hotel Sutan Raja, dengan para peserta dibagi dalam dua sesi.

Sekretaris Kabupaten Mitra Drs Robby Ngongoloy mengatakan dalam SKB sebetulnya diikuti 416 peserta, namun pada pelaksanaan tadi ada empat yang tidak ikut, sehingga dipastikan langsung digugurkan.

“Jadi yang tidak ikut langsung digugurkan. Sementara 412 ini yang bakal bersaing perebutkan tiap formasi yang dilamar,” kata Ngongoloy yang juga Ketua Panitia Seleksi CPNS Kabupaten Mitra.

Menurut Ngongoloy untuk hasil SKB ini belum bisa diketahui dikarenakan pengumuman dilakukan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

“Dari hasi; koordinasi dengan BKN Regional Manado tadi Kemungkinan hasil SKB diumumkan sekira tanggal 20-an,” ujarnya.

Sementara untuk penilaian SKB kali ini diambil berdasarkan nilai tertinggi. Dengan tetap memprioritaskan pada peserta yang capai passing grade.

“Misalnya ada dua formasi yang dibuka, sementara yang capai passing grade pada SKD lalu hanya satu. Jadi yang satu formasi sudah diprioritaskan kepada yang capai passing grade. Sementara satu formasi lainnya diperebutkan peserta yang diambil berdasarkan peringkat. Begitu pun dengan formasi yang peserta SKB diambil dari hasil perengkingan, tetap dilihat siapa yang tertinggi, itu yang direkrut,” jelas Ngongoloy.

Selain itu, pada pelaksanaan CPNS ini ada 20 formasi untuk Kabupaten Mitra yang tidak terisi. Namun menurut Ngongoloy, pihaknya masih menunggu keputusan dari BKN dan Kemenpan.

“Kita masih menunggu apakah tetap akan diisi dari peserta SKB. Ataupun akan kembali dibuka pada tahun depan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sartje Taogan menyebutkan pelaksanaan SKB dibagi dalam dua sesi, dimana tiap sesi mendapat kesempatan 90 menit dengan 100 soal.

“Untuk sesi pertama tergabung dengan pelamar dari formasi CPNS Provinsi. Sementara sesi yang kedua, seluruhnya diikuti pelamar CPNS Mitra,” katanya.

Adapun untuk soal SKB manyangkut bidang secara umum dengan soal langsung dari Panitia Pusat.

“Soalnya diberikan secara acak. Dengan menyangkut kompotensi bidang secara umum,” tandasnya(ten)