Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi Kesetaraan Gender

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jumat (16/11/2018) menggelar Sosialisasi Kesetaraan Gender.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Dinas Wali Kota dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diwakili Sekretaris Kota Ir Harold V Lolowang MSc MTh.

Saat membacakan sambutan wali kota, Lolowang mengatakan, gender berkaitan dengan proses keyakinan bagaimana seharusnya laki-laki dan perempuan berperan dan bertindak sesuai dengan tata nilai yang terstruktur.

‘’Dengan demikian kesetaraan gender merupakan kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya pendidikan, pertahanan dan keamanan nasional,’’ kata Lolowang membacakan sambutan Eman.

Salah satu bentuk perlindungan bagi perempuan dan anak lanjutnya, pemerintah telah berkomitmen memberantas tindak pidana perdagangan orang yang diundangkan dalam UU No 5 tahun 2009 tentang Konvensi PBB, UU No 14 tahun 2009 tentang Protokol untuk Mencegah, Memberantas dan Menghukum Tindak Pidana Perdagangan Orang. T

‘’Tindak pidana perdagangan orang masih merupakan masalah yang sangat kompleks dan multidimensi yang tak mungkin dapat ditangani dan dituntaskan oleh pemerintah saja. Peran serta masyarakat, baik secara individu, lembaga dan organisasi keagamaan sangat diperlukan termasuk didalamnya gugus tugas pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang Kota Tomohon,’’ kunci Lolowang.

Turut hadir Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan, Asisten Kesejahteraan Rakyat Drs Octavianus DS Mandagi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr Olga Karinda MKes, narasumber dari unsur Kejari Tomohon, Polres Tomohon dan Psikolog. (ark)