Tanggulangi Rabies, Dinas Pertanian Mitra Luncurkan Aplikasi Ini

Rabies, Hewan Rabies, Dinas Pertanian Mitra,  Ir Elly Sangian, RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Untuk menanggulangi gigitan hewan rabies, Pemerintah Kabupaten Mitra melalui Dinas Pertanian, meluncurkan aplikasi Fast Report atau pelaporan secara online kasus yang digelar di Balai Desa Towuntu, Kecamatan Pasan, Rabu (21/11/2018).

Peluncuran tersebut dihadiri Wakil Bupati Mitra Drs Jesaya Joke Legi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mitra Ir Elly Sangian menyebutkan, program ini sebagai strategi penanggulangan hewan beresiko rabies. Dimana warga bisa secara online melaporkan apabila terkena gigitan hewan berpotensi rabies.

“Misalnya warga Pasan ada yang terkena rabies, itu langsung bisa dilaporkan secara online di www.distanak.mitraka­b.id,” jelasnya.

Selain itu, aplikasi FR ini juga bisa melaporkan secara langsung data hewan ternak berpotensi rabies serta bisa membuat pengusulan vaksin ke hewan ternak.

“Kucing, anjing, kera yang berasal dari luar daerah, itu bisa segera dilaporkan melalui aplikasi ini,” terang Sangian.

Sangian, mengungkapkan, Kabupaten Mitra sendiri menjadi daerah yang tergolong tinggi angka gigitan anjing berpotensi rabies. Bahkan sejak 2013 sudah ada 11 yang meninggal akibat rabies.

“Angka yang tinggi menjadi salah satu dasar untuk pembuatan aplikasi ini. Karena kami menargetkan tahun 2019 Mitra sudah bebas rabies. Dengan mendahului Indonesia yang mencanangkan bebas rabies 2020. Serta Dunia bebas rabies 2030,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mitra Jesaya Joke Legi, saat membawakan sambutan bupati, sangat mendukung inovasi yang dilakukan Dinas Pertanian. Dimana dengan adanya aplikasi FR ini bisa mempercepat angka penanggulangan rabies. Namun hal tersebut wajib didukung masyarakat dengan harus proaktif.

“Untuk itu diharapkan para Kumtua yang hadir supaya mensosialisasikan hal ini ke masyarakat. Karena peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengurangi angka rabies,” tandasnya. (ten)

Unggah Berkas