JS: Tahun 2019, Tidak Ada Dana Duka Untuk Warga yang Belum Kantongi KTP-el

Dana Duka Minahasa Tenggara , KTP Elektronik , Disdukcapil mitraRATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam hal ini Bupati James Sumendap, menegaskan, bahwa tahun 2019 nanti, warga Mitra yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik (KTP-el) tidak akan menerima bantuan dana duka.

Penegasan ini dikatakan bupati saat me-launcing penerapan pemanfaatan informasi data kependudukan (Demography Information System) berbasis Google Map dan penerapan akte kelahiran online, di Plaza Ratahan, Senin (19/11/2018).

“Jadi tahun 2019 warga Mitra yang tidak memiliki KTP Elektronik otomatis tidak akan menerima dana duka,”tegas Sumendap.

Selain dana duka kata Sumendap, juga tidak menerima BPJS Kesehatan serta bantuan lainnya dari pemerintah.

“Karena warga yang tidak memiliki KTP Elektronik tidak akan terproses jika data kependudukan telah dihapus dalam data base,”kata JS.

Untuk itu, bupati berharap agar warga Mitra yang belum memiliki KTP Elektronik agar segera melakukan perekaman.

”Jadi masi ada waktu lakukan perekaman hingga 31 Desember untuk lakukan perekaman,”pinta Sumendap.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa Tenggara (Mitra) David Lalandos AP.MM, menyampaikan pemerintah Pusat dalam hal ini Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri telah menegaskan warga diatas usia 23 tahun yang belum melakukan perekaman diberi waktu hingga 31 Desember 2018.

“Untuk itu saya mengajak warga yang belum lakukan perekaman segera lakukan perekaman, jika sampai waktu 31 Desember masi ada warga tidak lakukan perekaman maka pemerintah pusat akan menghapus dalam data base kependudukan,”tutur Lalandos.

Dia menambahkan, pihak Disdukcapil terus gencar turun hingga di desa-desa untuk lakukan perekaman, namun kesadaran dari warga masih rendah.

“Saat ini masi ada sekira 2.000 warga Mitra yang belum lakukan perekaman KTP Elektronik, tapi dari presentasinya warga yang sudah lakukan perekaman sudah mencapai 90-an persen,”jelas Lalandos.(ten)

Pilih Berkas