Pemkot Tomohon Ikut Rakor TPID di Jakarta

Rakor  TPID di Jakarta
Rakor TPID di Jakarta

JAKARTA, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon yang diwakili Kepala Bagian Perekonomian Setdakot Harny Korompis SE didampingi Kasubag  Kamis (18/10/2018) mengikuti Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Wilayah Sulawesi Utara, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua Tahun 2018 di Hotel Ambhara Jakarta.

Pelaksana tugas Dirjen Bina Bangda Ir Diah Indrajati MSc mengatakan, Rakor bertujuan menindaklanjuti arahan Presiden mengenai peningkatan perekonomian dan pengendalian inflasi, Pemerintah Daerah harus mengikuti/mengembangkan dan melakukan diskresi pengendalian inflasi di daerah masing-masing dan segera merumuskan road map sesuai dengan arahan dari pusat. Dalam Rakor juga, ada empat hal pokok dalam TPID, yakni ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi serta komunikasi yang efektif.

‘’Diharapkan agar TPID yang dikembangkan di daerah dapat disesuaikan dengan daerahnya masing-masing. Apabila memiliki permasalahan maka dapat memetakan permasalahan yang dihadapi oleh daerah dan nantinya akan difasilitasi oleh pusat. Dalam hal ini juga tiap daerah dimintakan agar dapat bekerja sama dengan daerah- daerah lain agar dapat tercapai tujuan dari TPID,’’ kata Diah Indrajati.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Bina Bangda, Dirjen Keuangan Daerah, Sekda, para Asisten, Kepala Biro Perkonomian, Kabag Perekonomian dari tiap daerah yang terundang. (ark)