Wagub Sulut: Jangan Mudah Percaya Isu-Isu Meresahkan

Steven Kandouw.
Wagub Sulut Steven Kandouw.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Beredar kabar bahwa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) rawan mengalami bencana alam. Isu itu dinilai memberikan pengaruh negatif kepada wisatawan yang akan ke Bumi Nyiur Melambai.

Terkait hal tersebut, Wagub Sulut Steven Kandouw, dengan tegas menyatakan hingga saat ini Sulutaman.

“Kalau bilang potensi (bencana) seluruh dunia potensi,” tegasnya, Selasa (9/10/2018).

Terkait erupsi Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa pekan lalu, Kandouw secara tegas mengatakan bahwa Sulut masih dalam kondisi aman dan kondusif.

“Kemarin memang sempat erupsi, tadi tidak seberapa. Tidak ada pengungsian warga apalagi korban jiwa, jadi Sulut masih sangat aman dan kondusif untuk warga dan wisatawan,” ungkapnya.

Kandouw pun menyayangkan adanya sejumlah foto yang sempat menyebar yang menampilkan gambar letusan gunung merapi, yang setelah ditelusuri merupakan video/foto letusan gunung lain yang berada di luar Sulut.

“Sampai saat ini sekali lagi saya sampaikan Sulut aman, kami sudah berkoordinasi dengan pihak BMKG dan BPBD Sulut terkait hal ini, dan sampai saat ini status gunung Soputan ada di level tiga, yang artinya masih dalam kondisi aman,” jelasnya.

Kandouw pun menghimbau agar masyarakat Sulut tidak mudah percaya kepada isu-isu yang mengatakan bahwa Sulut dalam keadaan rawan bencana atau darurat bencana.

“Saya mewakili pak Gubernur menghimbau agar seluruh masyarakat Sulawesi Utara tidak mudah percaya kepada isu-isu   yang mengatakan kita sedang dalam situasi rawan bencana, karena sampai saat ini semua masih aman dan kondusif,” pungkasnya.

Kandoue menambahklan, dihimbau kepada masyarakat bahwa soal potensi bencana, setiap daerah diseluruh dunia berpotensi mengalami bencana.

”Kalau soal bencana, seluruh daerah di dunia berpotensi bencana, bukan hanya Sulut, jadi jangan percaya isu-isu meresahkan yang  mengatakan kita ini sedang rawan gempa atau semacamnya yang hanya ingin menakut-nakuti masyarakat saja, kecuali info resmi dari badan-badan yang berwenang,” pungkasnya.

Isu-isu miring tersebut sangat disayangkan Kandouw, pasalnya pemerintah saat ini dibawah komando Gubernur Olly Dondokambey sedang gencar-gencarnya mempromosikan Sulut sebagai salah satu destinasi pariwisata dunia, dan isu-isu tersebut hanya membuat Sulut kehilangan wisatawan.

”Sangat disayangkan, ketika pak Gubernur sedang gencar-gencarnya mempromosikan setiap potensi wisata di Sulut, ada orang yang suka menyebarkan kabar seperti itu, jangan percaya, tidak benar itu, Sulut tetap aman dan kondusif,” pungkasnya. (ton)