Lomban Ikut Kongres ke-7 UCLG-Aspac 2018

Maximiliaan J Lomban, UCLG-Aspac 2018,United Cities and Local Governments Asia PacificBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi, bersama ratusan pemerintah daerah dari negara se-Asia Pasifik, mengikuti Kongres ke-7 United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG-Aspac) 2018 di Dyandra Convention Centre, Surabaya, Rabu (13/9/2018).

Menurut Lomban kongres ke-7 UCLG-Aspac ini, adalah acara dua tahunan yang mempertemukan aktor-aktor kunci pembangunan di negara-negara Asia Pasifik. Sebagai wilayah dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat, Asia Pasifik telah menjadi wilayah dengan transformasi digital yang cepat. Dengan potensi ini, pemerintah daerah di kawasan Asia Pasifik harus mendorong inovasi mereka agar siap untuk memaksimalkan dampak sosial dan ekonomi yang akan timbul dari kemajuan teknologi.

“Dengan mengusung tema ‘Pembangunan Inovasi untuk Kota Berkelanjutan’ kongres kali ini bertujuan untuk memperkuat komitmen dan kapasitas pemimpin nasional dan lokal, dalam menciptakan konektivitas yang lebih baik untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan agenda urban baru,” tukas Lomban.

Lanjutnya, Kongres ini berupaya menciptakan platform penting bagi para pemimpin pemerintah lokal, dan semua pemangku kepentingan yang relevan, untuk memperkuat komitmen mereka dalam meningkatkan inovasi, dan mempromosikan praktik cerdas dan inovatif untuk kota yang berkelanjutan.

“Selain itu, kongres akan menciptakan dan peluang bagus untuk berjejaring dan membangun jaringan mitra dan organisasi pemangku kepentingan,” tutup Lomban.

Diketahui, kongres ini berlangsung selama empat hari, dimulai pada tanggal 12-15 September 2018 dan dihadiri sekitar 800 orang peserta, dari 40 kota di dunia, termasuk seluruh kepala daerah di Indonesia.(kys)