Pemprov Sulut Kirim Bantuan ke Lombok

bantuan untuk lombok
Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, menyerahkan bantuan kepada anggota Tagana Sulut yang akan berangkat ke Lombok.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Steven Kandouw atau OD-SK, mengirimkan bantuan untuk para korban bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bantuan yang dikirim berupa 10 anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang nantinya akan menyiapkan dapur umum, memberikan layanan psikologis sosial, dan melakukan evakuasi penyelamatan para korban gempa, dan sesuai petunjuk Kementerian Sosial RI bantuan lain yakni terpal sebanyak 40 buah dan selimut sebanyak 240 lembar.

Bantuan itu diserahkan Sekdaprov Edwin Silangen, ketika melepas 10 orang Taruna Siaga Bencana (Tagana), yang dilaksanakan di lobi kantor gubernur Sulut, Jumat (10/8/18).

Pada kesempatan itu, Silangen menyampaikan apresiasi kepada Kepala Dinas Sosial beserta jajaran, dan pesan khususnya kepada para Tagana yang akan berangkat membantu para korban bencana.

“Tunjukan kemampuan masing-masing agar bisa membantu meringankan beban korban, tunjukan solidaritas sesama anak bangsa,” ujarnya.

Lanjut Silangen, harapannya agar selama bertugas para Taruna selalu dalam keadaan sehat dan bisa kembali ke Sulut. Ia juga mengatakan agar Taruna dapat menjadi duta Sulut dan dapat menunjukkan kepada masyarakat jika ada bencana baik di daerah maupun luar daerah dapat saling membantu mereka yang menjadi korban bencana alam.

“Ingat waktu bencana banjir melanda Sulut, banyak masyarakat luar datang membantu, sebaliknya terjadi bencana diluar kita berempati membantu para korban, ujar Sekprov.

Silangen juga menyampaikan, bantuan yang diberikan hendaknya tidak hanya dilihat dari dukungan logistik yang terbatas, namun ini adalah mengenai itikad rasa solidaritas yang di tunjukkan Rakyat Sulawesi Utara melalui Tagana.

“Doakan semoga korban bencana alam dikuatkan, semoga tidak lagi terjadi bencana di tanah air,” ungkapnya.

Hadir pada pelepasan para Tagana itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang, Kadis Sosial dr. Rini Tamuntuan, dan sejumlah pejabat eselon II lingkup Pemprov Sulut. (ton)