Olly Ajak Warga Sulut Teruskan Perjuangan Pendiri Bangsa Indonesia

Pencanangan Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI dan HUT ke-54 Sulawesi Utara

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Olly Dondokambey, memimpin apel pencanangan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT ke-54 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang dilaksanakan di halaman kantor gubernur, Jumat (3/8/2018).

pencanangan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia
Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Wakil Gubernur Steven kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, serta jajaran Forkopimda Sulut, melepas burung merpati sebagai tanda pencanangan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT ke-54 Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, Olly mengutip pidato Proklamator Indonesia Ir. Soekarno, pada Ulang Tahun Republik Indonesia ke-21 Tahun 1966, tentang Jasmerah (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah) serta Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghormati Jasa Pahlawannya.

“Kedua kutipan pidato ini tentunya terus tertanam dan menggelora di setiap sanubari rakyat Indonesia, termasuk dalam sanubari kita sebagai bagian dari anak bangsa yang hidup mengisi perjuangan melalui karya dan kerja membangun daerah,” ucap Olly.

Oleh karena itu, Olly mengingatkan seluruh masyarakat Sulut untuk meneruskan perjuangan para pendiri negara.

“Kita patut menyadari akan tanggungjawab kita untuk meneruskan perjuangan para pahlawan, sekaligus wujud bakti kita kepada negara tercinta dengan senantiasa melakukan tindakan-tindakan positif,” ungkapnya.

Terkait pencanangan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengusung tema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa” serta HUT ke-54 Provinsi Sulawesi Utara, Olly mengatakan, berbagai kegiatan telah dipersiapkan Pemprov Sulut, semata-mata untuk menggelorakan spirit juang, spirit nasionalisme dan spirit membangun setiap komponen masyarakat Sulut.

“Tetaplah konsisten berkarya bagi bangsa dan daerah, tanpa meninggalkan atau mengikis sedikitpun nilai-nilai sejarah yang telah menjadi landasan motivasi dalam membangun daerah dan bangsa. Marilah kita turut berpartisipasi aktif, mendukung dan mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan,” tandasnya.

Hadir pada apel pencanangan ini, jajaran Forkopimda Sulut, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen, Ketua Panitia yang juga Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edison Humiang, dan para pejabat, pegawai, serta THL di Lingkup Pemprov Sulut.

Diketahui, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI dan HUT Prov. Sulut ke-54, yakni :

  1. Acara/Upacara :
  2. Pencanangan pelaksanaan HUT ke-73 Kemerdekaan RI dan HUT Prov. Sulut ke-54 serta pembukaan seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan dan dilombakan.
  3. Rangkaian acara dan upacara dalam rangka HUT ke-73 Kemerdekaan RI Tanggal 17 Agustus 2018.
  4. Rangkaian acara dan upacara HUT Prov. Sulut ke-54 tanggal 23 September 2018.
  5. Anjangsana dan Bakti Sosial
  6. Kegiatan Olahraga
  7. Kegiatan Kesenian dan Festival
  8. Lomba Tertib dan Pegawai Berprestasi
  9. Pameran Pembangunan dan Promosi
  10. Kegiatan menyemarakkan bulan agustus sebagai bulan kemerdekaan yang meliputi :
  11. Mengibarkan bendera merah putih secara serentak mulai dari tanggal 1 s.d 31 agustus 2018;
  12. Memasang umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya;
  13. Pemanfaatan logo HUT Kemerdekaan ke-73 RI melalui pemasangan stiker pada kendaraan dinas, kendaraan jemputan, media sosial, dan lain-lain. (ton)