Wakili Bupati, Sekda Ngongoloy Canangkan Introduksi Imunisasi Measles-Rubella

Drs Robby Ngongoloy, Imunisasi Measles-RubellaBELANG, (manadotoday.­co.id) – Sekretaris Daerah Drs Robby Ngongoloy, ME, MSi, mewakili Bupati James Sumendap SH, mencanangkan kampanye dan introduksi imunisasi Measles-Rubella (MR) d­i Kabupaten Mitra bertempat di SDN I Belang, Rabu (01/8/18).

Sekda saat membacakan sambutan Menteri kesehatan RI, menyampaikan Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian Rubella/kecatatan yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan pada tahun 2020.

Oleh karena itu, salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mencapai maksud tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye (imunisasi massal) dan introdyksi imunisasi campak/measles dan Rubella (MR) yang bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella.

Dalam rangka imunisasi massal tersebut saya mengajak dinas/lembaga terkait beserta perangkat kerjanya, organisasi masyarakat sipil, dan organisasi masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam imunisasi massal MR.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr.Helmy Ratuliu mengatakan sasaran pelaksanaan imunisasi massal MR anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun pada bulan Agustus di Mitra jumlah sasaran 24.258 anak di 385 Sekolah di Mitra mulai dari PAUD, TK ,SD/MI sederajat, SMP, MTS sederajat dan SLB.

“Jadi, sasaran pelaksanaan imunisasi masal MR pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun dan ini untuk menguatkan kekebalan tubu pada anak serta mencega agar tidak ada virus masuk dalam tubu,”ujar Ratuliu.

Selanjutnya kata Ratuliu, pada bulan September nanti imunisasi MR akan dilaksanakan di posyandu, polindes, poskesdes, puskesmas dan pos imunisasi lainmya dengan sasaran anak usia sembilan bulan serta kurang dari usia 15 tahun yang belum/tidak bersekolah.

“Imunisasi MR ini diberikan tanpa memandang status imunisasi sebelumnya dan bersifat wajib dan tidak memerlykan ijin tertulis,”tandasnya.­(ten)