Penatua Vicky Lumentut Pimpin Ibadah Pengucapan di GMIM Syaloom Suluun Empat, Minsel

Pengucapan Syukur Minsel , GMIM Syaloom Suluun Empat, DR Ir G.S Vicky Lumentut MANADO, (manadotoday.co.id) – Wali kota Manado selaku Ketua Komisi Pria Kaum Bapa (PKB) Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA, diundang menjadi khadim dalam ibadah Pengucapan Syukur Minsel di Jemaat GMIM Syaloom Suluun Empat, Kecamatan Tareran, Minggu (08/07/2018).

Dalam khotbahnya yang diambil dalam bacaan Alkitab Mazmur 111 ayat 1 sampai 10, Penatua Vicky Lumentut mengajak jemaat untuk selalu bersyukur kepada Tuhan dalam segala hal. Karena bersyukur merupakan karakter orang percaya, sehingga hakekat merayakan pengucapan syukur di Kabupaten Minsel tidak keluar dari arti bersyukur atas semua berkat Tuhan tanpa melanggar aturan-aturan Tuhan.

“Bersyukur adalah karakter orang percaya. Oleh karena itu, kita bersyukur dan berkumpul di Pengucapan hanya karena berkat Tuhan. Jadi, jangan bersyukur dengan keluar dari koridor dan aturan Tuhan dan justru kemewahan yang di tonjolkan. Saya sangat senang lihat di Media Sosial FB (Facebook) ada warga yang memberi pesan status dan gambar, akan menggelar Pengucapan Syukur kali ini dengan kata-kata No Miras seperti bir, cap tikus dan minuman keras lainnya. Itu berarti warga mulai sadar dengan kesederhanaan iman. Di Suluun semoga itu tidak ada, mungkin dilakukan tempat lain,” tandas Penatua Vicky Lumentut.

Dilain sisi, Lumentut mengingatkan jemaat untuk tidak boros dalam merayakan Pengucapan, agar tidak ada persoalan dalam keluarga.

“Jangan tinggalkan hutang saat pengucapan, dan akhirnya keluarga yakni suami istri cekcok. Dan ingat pekan depan anak-anak akan mulai sekolah, jadi mari kontrol pola hidup kita dalam pengucapan syukur karena kebutuhan rumah tangga pasti akan meningkat. Pengucapan syukur adalah baik karena karakter orang percaya, pesta pengucapan dikehendaki Tuhan karena itu sudah lama diterapkan. Jadi mari kita terus lakukan dengan positif, yakni mengucap syukur dalam segala hal. Yakni diberi nafas kehidupan, kesehatan, berkat atau rejeki yang diterima seperti pemetikan cengkih, dan pertanian lain serta usaha profesi lain sebagainya. Aku mau mengucap syukur kepada Tuhan dengan segenap hati, bukan kepada makanan atau persiapan yang dilakukan juga kepada tamu-tamu atau pejabat yang akan datang. Tapi arah bersyukur kepada Tuhan, karena Tuhan sumber segala sesuatu yang memberi segalanya,” tukas Lumentut.

Pada kesempatan tersebut, Penatua Vicky Lumentut juga mengundang jemaat untuk datang ke Pengucapan Syukur Manado yang akrab dengan istilah Thanksgiving pada 9 September mendatang.

“Tanggal 9 September torang tunggu di Kota Manado akan ada Pengucapan atau Thanksgiving yang dirayakan. Pengucapan seluruh warga golongan agama di Kota Manado dalam rangkaian hajatan Manado Fiesta 2018,” pungkas Lumentut.

Dalam ibadah itu juga, sebagai anggota Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM, Penatua Vicky Lumentut melantik Panitia Pembangunan gedung gereja GMIM Silooam Suluun Empat sekaligus sebagai Ketua PKB Sinode GMIM melantik Pengurus Panji Yosua PKB GMIM Wilayah Tareran.

Tampak hadir dalam ibadah tersebut, Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM Syaloom Suluun Empat Pdt Laurina Pelealu Otay STh, Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama Kota Manado Pdt Roy Lengkong STh, staf khusus Walikota Manado Drs Arie Turangan, tokoh masyarakat Tareran Jhon Sumual SE MSi serta Kepala Bagian Pemerintahan dan Hubungan Masyarakat Kota Manado Steven Runtuwene SSos.(ryn)