Wali Kota Manado Bagikan Pengalaman Saat Memimpin APEKSI ke Para Dekan Ilmu Sosial Se-Indonesia

Dekan Ilmu Sosial Se-Indonesia , DR Ir G.S Vicky Lumentut, APEKSI, Prof DR Yahya Anggara MSi, MANADO, (manadotoday.co.id) – Dihadapan para Dekan Ilmu Sosial Perguruan Tinggi se-Indonesia, Wali kota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA, menceritakan pengalamannya saat menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), memimpin 98 Wali kota di Indonesia.

Dalam acara Malam Baku Dapa yang digelar di rumah dinas (Rudis) Walikota Manado, kompleks perumahan Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Jumat (13/07/2017), Lumentut menceritakan bahwa pengalaman menjadi Ketua APEKSI telah ikut mengangkat nama Kota Manado dikancah Nasional. Sehingga, banyak manfaat yang diperoleh selama dipercayakan memimpin organisasi para Walikota se-Indonesia itu.

“Pengalaman selama menjadi Ketua APEKSI benar-benar tidak dapat dilupakan. Bahkan, banyak hal positif dan bermanfaat bisa saya terapkan dalam kepemimpinan selaku Walikota Manado. Sekarang ini, kepemimpinan APEKSI telah diserahkan kepada Ibu Airin, Walikota Tangerang Selatan,” tukas Lumentut.

Selain itu, dalam membangun Kota Manado lima tahun kedepan pada Periode 2016-2021, dirinya dan Wakil Wali kota Mor Dominus Bastiaan SE, memiliki Visi Manado Kota Cerdas. Di mana, salah satunya dengan tujuan masyarakat harus sehat dan mendapat pendidikan yang lebih baik.

“Pemkot Manado dibawah kepemimpinan saya dan Wakil Wali kota Pak Mor Dominus Bastiaan mengikuti trend di negara maju yakni berpacu pada Smart City. Dan itu dibuktikan dengan diluncurkannya Cerdas Command Centre (C3),” jelas Wali kota Lumentut.

Lanjutnya, dengan adanya C3, selain membawa manfaat bagi pemerintah dan masyarakat Kota Manado, juga sebagai sarana wisata bagi daerah lainnya di Indonesia untuk datang berkunjung dan belajar tentang C3.

“Saat ini, C3 menjadi tempat untuk dikunjungi sejumlah daerah yang ingin belajar tentang Command Center, dan itu terus dikembangkan pemerintah Kota Manado untuk menjadi baik dengan tujuan untuk pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” tandas pria yang dinobatkan sebagai Walikota terbaik se-Indonesia itu.

Dekan Ilmu Sosial Se-Indonesia , DR Ir G.S Vicky Lumentut, APEKSI, Prof DR Yahya Anggara MSi, Sementara itu, kehadiran Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi seluruh Indonesia mendapat apresiasi dari Wali kota pilihan rakyat Manado tersebut.

“Kapan lagi saya bertemu orang-orang cerdas para Dekan Ilmu Sosial se-Indonesia seperti saat ini, yang telah menghasilkan generasi handal di Indonesia,” pungkas Walikota Vicky Lumentut.

Kemudian, Ketua Forum Dekan Ilmu Sosial Perguruan Tinggi se Indonesia Prof DR Yahya Anggara MSi, berterima kasih kepada Pemerintah Kota Manado terutama Walikota Vicky Lumentut atas penyambutan yang luar biasa selama mereka beracara di Manado 12-15 Juli 2018 di Hotel Swissbel Maleosan.

“Terima kasih atas penyambutan Bapak Wali kota Manado serta telah berbagi pengalaman dengan kami. Kami sangat senang datang dan menggelar acara di Kota Manado yang sangat ramah dan damai ini,” tutur Prof Yahya, didampingi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) DR Nofie Pioh MSi.(ryn)