Wagub Sulut Harap Peran Masyarakat Berantas Penyalahgunaan Narkoba Dioptimalkan

HANI
Wagub Sulut Steven Kandouw, ketika memimpin peringatan HANI tingkat Provinsi Sulut.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw, berharap agar peran masyarakat dalam memberantas penyalahgunaan narkoba, perlu dioptimalkan.

“Masyarakat harus dioptimalkan untuk turut serta aktif dalam menanggulangi permasalahan narkoba,” ujar Kandouw, ketika membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tingkat Provinsi Sulut, yang digelar di lapangan Kantor Gubernur, Kamis (12/7/2018).

Lanjut Kandouw membacakan sambutan Presiden Jokowi, momentum peringatan HANI ini, masyarakat tanpa terkecuali agar bersama-sama melawan narkoba dengan cara menerapkan strategi strategi khusus yang dapat mendorong pencegahan narkoba.

“Dalam mengatasi permasalahan narkoba diperlukan strategi khusus yaitu keseimbangan penanganan antara pendekatan penegakan hukum dan pendekatan kesehatan,” sahutnya.

“Selain pendekatan hukum dan pendekatan kesehatan, upaya pencegahan dan pemberdayaan masyarakat harus dioptimalkan untuk turut serta aktif dalam menanggulangi permasalahan narkoba,” lanjut Wagub dalam kutipan sambutan Presiden Jokowi.

Pada momen peringatan HANI ini, BNN Sulut menggaris bawahi akan kecenderungan semakin meningkatnya korban penyalahguna non narkotika yang 90% adalah pemuda dan remaja. Menyikapi hal tersebut maka pihak BNN bersama dengan Pemerintah Provinsi mengadakan deklarasi anti narkotika.

Diketahui HANI diperingati setiap tanggal 26 Juni, merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial-ekonomi, serta kemanan dan kedamaian dunia.

Hadir pada kegiatan ini, Kepala BNN Sulut Charles Ngili, jajaran Forkopimda Sulut, perwakilan ormas pemuda, dan para pejabat eselon II di lingkup Pemprov Sulut. (ton)