Bupati Minahasa: PKK Sangat Berperan Wujudkan Keluarga Sejahterah

Drs Royke H Mewoh DEA, TP PKK minahasa, P3KSSTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA, menghadiri Rapat Koordinasi Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Utara, pada Selasa, (26/6/2018)
di kantor Bupati Minahasa.

Hadir pada kegiatan tersebut Ketua TP-PKK Provinsi Sulut Ir. Rita Maya Dondokambey-Tamuntua­n, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Provinsi Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS, yang juga Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Provinsi Sulut, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Helly Grace Mewoh-Pongoh, SE, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minahasa Jeffry Sajow, SH, Pengurus TP PKK Kabupaten Minahasa, dan perwakilan TP-PKK dari 25 kecamatan di Kabupaten Minahasa sebagai peserta kegiatan.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa, menyampaikan Pemkab Minahasa memberikan apresiasi kepada Pemprov Sulut melalui Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sulut, yang telah memilih Kabupaten Minahasa sebagai tempat pelaksanaan kegiatan yang strategis ini, sebagai bentuk perhatian dan kepedulian untuk terwujudnya pembangunan masyarakat di Kabupaten Minahasa, khususnya dalam meningkatkan kapasitas serta tingkat partisipatif perempuam melalui gerakan PKK.

“Pembangunan yang ada tidak lepas dari peran Pemerintah Pusat melalui program Presiden Jokowi pada Nawacita yang ketiga yakni membangun dari pinggiran. Dengan adanya Nawacita ini, telah diberikan dana desa bagi desa-desa yang ada, termasuk 227 desa di Minahasa,” tutur Bupati.

Menurutnya, Peningkatan Peranan Perempuan menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P3KSS), merupakan program yang strategis dalam menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi kaum perempuan dalam rangka mengembangkan sumberdaya manusia dan sumber daya alam serta lingkungannya guna mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia.

“Peran PKK dalam mewujudkan keluarga sejahtera sangatlah besar. Diharapkan jajaran TP-PKK harus mampu menjembatani peran setiap orang tua untuk membangun ketahanan keluarga karena ketahanan keluarga mempengaruhi kerukunan dalam keluarga,” tambahnya.

Pemprov Sulut kemudian secara simbolis memberikan peralatan katering kepada peserta TP-PKK, bantuan ini merupakan wujud program ODSK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan), serta merupakan bentuk sinergitas Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten.

Adapun narasumber pada kegiatan ini Kepala Biro Kesejahteraan Provinsi Sulawesi Utara dr. Kartika Devi Tanos, MARS, Ketua TP PKK kabupaten Minahasa Helly Grace Mewoh Pongoh, SE dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Minahasa Jeffry Sajow, SH. (rom)