Olly Teken MoU Pengelolaan Sampah Modern dengan Regions20 Asia-Pacific

Regions20 Asia-Pacific
Gubernur Sulut Olly Dondokambey, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pengelolaan sampah modern dan berteknologi tinggi, dengan Direktur Eksekutif Regions20 Asia-Pacific Christopher Nuttall.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov Sulut dengan Regions20 Asia-Pacific dalam upaya mewujudkan tempat pengelolaan sampah modern dan berteknologi tinggi yang sekaligus mampu menghasilkan energi ramah lingkungan.

Penandatangan MoU itu, dilakukan Olly dengan Direktur Eksekutif Regions20 Asia-Pacific Christopher Nuttall di Kota Wina, Austria, Selasa (15/5/2018) malam.

Menurut Olly, isu degradasi lingkungan seperti pengelolaan sampah perkotaan, serta ketersediaan energi menjadi hangat diperbincangkan serta senantiasa berupaya dicarikan solusinya oleh setiap daerah termasuk Sulut.

“Kerjasama Ini dalam upaya mewujudkan tempat pengelolaan sampah modern dan berteknologi tinggi yang sekaligus mampu menghasilkan energi ramah lingkungan di Bumi Nyiur Melambai,” ujarnya.

Menurut Olly, dalam nota kesepahaman itu memuat upaya Regions20 Asia-Pacific untuk mencarikan investor yang akan mendukung pembangunan pusat pengelolaan sampah ramah lingkungan tersebut.

Sekadar diketahui, pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional merupakan salah satu prioritas program pembangunan Sulut. Olly optimis nota kesepahaman tersebut menjadi langkah penting sebelum terwujudnya tahap perencanaan, pengadaan hingga pembangunan pusat pengelolaan sampah.

Pada pertemuan itu, selain melakukan MoU dengan Regions20 Asia-Pacific, dalam agendanya di Austria, Olly juga aktif berinteraksi dengan sejumlah pejabat dari negara lain diantaranya Wakil Presiden Komoro Djaffar Ahmed Said Hassani dan tokoh politik Prancis Michelle Saban.

Adapun penandatangan MoU itu turut disaksikan Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, Sekdaprov Edwin Silangen, dan Direktur Regions20 Asia-Pacific Nico Barito. (ton)