Sekolah Lingkungan Bitung Masuk Tingkat Nasional KPS

Sekolah Lingkungan Bitung, Kelompok Peduli Sunga,  Khouni Lomban RawungBITUNG, (manadotoday.co.id) – Masuknya Sekolah Lingkungan Bitung sebagai nominasi Kelompok Peduli Sungai (KPS) terbaik tingkat Nasional, membuat Kepala Sekolah Lingkungan Bitung Khouni Lomban Rawung dituntut untuk hadir pada kegiatan pembukaan yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional Hardiknas, dalam rangkaian Kegiatan Wirakarya Nasional Operasi dan Pemeliharaan sumber daya air yang diselengarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat di Graha Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya Rabu (2/5/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum yang diwakili oleh Kepala Pengembangan Sumber Daya Manusia Loli Marlina Martief, mengisyarakat kurangnya kepedulian masyarakat akan pentingnya air.

“Indonesia merupakan negara ke-5 yang kaya dengan air karena dalam setahun produksi air Indonesia diteliti sebanyak 3,5 miliar kubik namun hanya 30 persen dari produksi air itu yang dimanfaatkan,” ujar Loli, seraya menambahkan jika total aset dari sumberdaya air untuk pengelolaan sungai, bendungan dan lainnya sebasar 302,17 triliun sampai 2019.

Sekolah Lingkungan Bitung sendiri dimediasi oleh pihak Balai Sungai wilayah Sulawesi 1 sebagai pemenang KPS tingkat Provinsi Sulut.

Rawung, mengaku jika KPS yang ada di pulau Jawa sudah banyak yang berinovasi merawat sungai.

“Memang tujuan kami kemari bukan untuk lomba tapi tukar pemikiran soal pengelolaan sungai yang baik dan apa yang bagus di sini akan dibawa pulang ke Bitung,” ungkap Rawung.

Diapun menambahkan jika saat ini perlu dilakukan pembenahan mendalam bidang sungai karena ini adalah salah satu potensi bencara besar bagi Indonesia, apalagi kurangnya kesadaran masyarakat.(kys)