Gubernur Sulut Pembina Upacara Hardiknas Tahun 2018 di Minahasa

 Gubernur Sulut ,Olly Dondokambey SE, Upacara Hardiknas 2018TONDANO, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, bertindak sebagai pembina dalam Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dilaksanakan di lapangan God Bless Minahasa, Tondano, Rabu (2/5/2018).

Gubernur saat membawakan sambutan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Mihadjir Effendy. menyampaikan bahwa Hari Pendidikan Nasional yang ditetapkan pada 2 Mei, bertepatan dengan Kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, seorang tokoh pendidikan yang kemudian lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara. Adapun tema Hardiknas tahun 2018 adalah “Menguatkan Pendidikan memajukan Kebudayaan “.

“Sesuai dengan tema tersebut marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktek pendidikan yang dilakukan Ki Hadjar Dewantara guna menggapai cita-cita pendidikan Nasional yang didambakan , ” ujar Gubernur.

Selain pembangunan infrastruktur dan kebudayaan, dilakukan juga penguatan sumber daya manusia (SDM) agar menjadi modal yang andal dan siap menghadapi perubahan zaman, karena itu mulai tahun ini Presiden Joko widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mencanangkan prioritas pembangunan pada penguatan SDM.

Gubernur kemudian mengarahkan para guru untuk menggunakan aplikasi cara belajar mengajar untuk menambah ilmu dan pengetahuan, guru-guru harus lebih bersemangat dalam mengajar.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, dan teruslah ikhlas dan tulus berkotribusi tak kenal henti untuk usaha menguatkan pendidikan dan kebudayaan Indonesia dan semoga kita semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai Adi Daya Budaya dengan Pendidikan yang Kuat.”pungkas Dondokambey.

Upacar yang dirangkaikan dengan penyerahan surat keputusan (SK) Kenaikan Pangkat ASN Pemprov Sulut, SK Pensiun, dan subsidi gas setengah harga kepada guru SMA SMK tersebut, turut hadir Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Dondokambey Tamuntuan, wakil ketua TP PKK Sulut Dr Devi Kandouw Tanos MARS, Forkopimnda Sulut, Jajaran Pemda Sulut, Jajaran UPT Diknas Sulut, Pj Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA, Ketua TP PKK Minahasa Helly Grace Mewoh Pongo SE, Forkopimda Minahasa, Sekda Minahasa Jeffry R Korengkeng SH MSi, UPT Diknas Minahasa, serta para siswa-siswi SD, SMP SMA/SMK.(rom)