Audy Pangemanan Buka Sosialisasi Penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah

Audy Pangemanan, BITUNG, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Kota Bitung Dr Audy Pangemanan membuka Sosialisasi Penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah, di Hotel Sutan Raja Minahasa Utara, Kamis (15/3/2018).

Pangemanan memberi apresiasi kepada jajaran Bagian Organisasi Setda Kota Bitung selaku pelaksana, dan bagi jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung yang mengikuti kegiatan dalam rangka meningkatkan efektifitas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dan evaluasi akuntabilitas kinerja.

“Seiring dinamika penyelenggaraan pemerintahan organisasi pemerintah saat ini, tidak bisa lagi hanya berfokus pada seberapa besar anggaran yang diserap, artinya penggunaan alokasi anggaran serta pelaksanaan tupoksi pemerintah daerah harus sepenuhnya untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan sebanyak-banyaknya rakyat,” paparnya.

Dengan demikian manfaat optimal dapat diperoleh masyarakat sebagai akibat dari penggunaan anggaran. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan penerapan sistem akuntabilitas kinerja yang baik, dimulai dari tahap perencanaan, pengelolaan dan pelaksanaan, monitoring serta evaluasi program kerja pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat.

“Terkait pegelolahan anggaran, Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Rakornas pelaksaan anggaran beberapa waktu lalu, mengingatkan bahwa kita punya satu tujuan untuk memakmurkan rakyat. KIta punya uang yang harus direncanakan dan dieksekusi dengan baik. Kalau kita tidak dapat membelanjakan uang negara dengan baik dan benar, berarti kita tidak menghormati uang yang kita kumpulkan dalam bentuk pajak dari rakyat yang harus kembali untuk rakyat,” ulasnya.

Selaku pemerintah Pangemanan mengajak agar mengikuti kegiatan sosialisasi itu dengan baik, agar pemahaman petunjuk teknis penyusunan penjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara review atas laporan kerja instansi pemerintah, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, semakin mengarahkan kita dalam menerapkan sistem akuntabilitas kinerja yang lebih baik.

“Yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi bagi penguatan SAKIP dan tercapainya program reformasi birokrasi,” kunci Pangemanan.

Turut hadir Asisten Deputi Kordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan III Naptalina Sipayung SH MAP, Kepala Bidang Kordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Tri Susilo SSos MM.(kys)