Duta Besar Cina Sambangi Bitung

Duta Besar Cina, Xiao Qian, BITUNG, (manadotoday.co.id) – Duta Besar Cina Xiao Qian, mengunjungi Kota Bitung, Kamis (8/3/2018).

Ditemani Walikota Bitung Maximilliaan J Lomban, duta besar melihat perkembangan Kota Bitung diantaranya Tol Manado Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus, beberapa perusahan, dan Pelabuhan Peti Kemas Bitung. Dalam kesempatannya Lomban memberikan apresiasi salam selamat datang kepada Duta Besar Cina.

“Selamat datang kepada M Xiao Qian, yang boleh datang ke Kota Bitung untuk melihat kondisi dan situasi,” tutur Lomban.

Walikota kemudian menjelaskan beberapa lokasi strategis dan pembangunan yang ada di Kota Bitung, selain sebagai kota industri yang memiliki banyak perusahan yang bergerak di bidang perikanan, Bitung juga sebagai kota pariwisata dimana kota ini memiliki banyak kelebihan seperti tumbuh-tumbuhan hewan yang endemik, kawasan cagar alam, dan resort dan tempat-tempat indah untuk didatangi oleh turis-turis.

“Kota Bitung memiliki hampir semua potensi strategis dalam pertumbuhan ekonomi, namun hal yang paling penting dari perkembangan Kota Bitung adalah peningkatan infrastruktur sebagai kebutuhan fisik. Hal ini ditandai dengan adanya pembuatan Tol Manado Bitung yang sampai saat ini sedang berjalan dan sudah 61% proses dan akan selesai pada akhir 2018 ini. Tol ini nantinya menjadi jalur utama dari Kota Bitung keseluruh pelosok daerah yang ada di Sulawesi Utara dan sekitarnya,” jelas Lomban.

Lanjut Lomban, pemerintah bekerja dengan keras dan turut dibantu oleh negara China untuk merealisasikan proyek yang sementara dijalankan. Nantinya pertukaran ekonomi internasional dapat dirasakan oleh Kota Bitung sendiri. Itu semua tanpa dukungan dari masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada, tidak ada apa-apanya.

“Oleh karena itu, bagi para pengusaha yang ada di Kota Bitung, instansi pemerintah maupun swasta dan seluruh masyarakat, sangat diharapkan dukungan penuh dari kita semua untuk membangun Kota Bitung tercinta,” tutup Lomban.(kys)