Forum Perangkat Daerah Setda dan Setwan Kota Tomohon Sempurnakan Renja

Forum Perangkat Daerah Setda dan Setwan Tomohon
Forum Perangkat Daerah Setda dan Setwan Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Proses penyempurnaan Rancangan Awal Renca Kerja (Renja) Perangkat Daerah, Pemerintah Kota Tomohon menggelar Forum Perangkat Daerah terdiri dari Sekretariat Daerah (Setda) dan Sekretariat Dewan (Setwan) di Rumah Dinas Wali Kota Senin (5/3/2018). Kegiatan dibuka Sekretaris Kota (Sekkot) Ir Harold Lolowang MSc MTh mewakili Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak.

Dalam sambutannya, Lolowang mengatakan, penyusunan rancangan Renja Perangkat Daerah sebagaimana dimaksud dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017  ini merupakan proses penyempurnaan terhadap rancangan awal Renja Perangkat Daerah berdasarkan surat edaran kepala daerah tentang penyusunan rancangan Renja perangkat daerah.

Peserta Forum Perangkat Daerah Setda dan Setwan
Peserta Forum Perangkat Daerah Setda dan Setwan

Tujuan kegiatan ini lanjut Lolowang, adalah untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan  usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD di kecamatan untuk Renja perangkat daerah tingkat kota.

Kemudian,  untuk mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah dan yang  ketiga untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Tujuan lain adalah untuk menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan PAGU indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.
‘’Rancangan Renja perangkat daerah hasil forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah, akan menjadi bahan pemutakhiran rancangan RKPD Kota Tomohon yang selanjutnya akan dibahas dalam Musrenbang RKPD  tingkat kota.’’ Tyukas Lolowang.
Hadir dalam kegiatan ini sebagai narasumber Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur, para Asisten Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Sekretaris DPRD Tomohon FF Lantang SSTP, Kepala Bapelitbang Tomohon Ir Ervinz Liuw MSi, para Kabag di lingkup sekretariat daerah Kota Tomohon dan para kabag di lingkup sekretariat DPRD Kota Tomohon serta jajaran. (ark)