Petani Tomohon Dilatih Teknologi Tepat Guna

Asisten Perekonomian membuka kegiatan pelatihan
Asisten Perekonomian membuka kegiatan pelatihan

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Selasa (13/2/2018) menggelar Pelatihan dan Bimbingan Pengoperasian Teknologi Perkebunan Tepat Guna bertem;at di Aula Dinas Pertanian dan Perikanan.

Peserta pelatihan terdiri dari petani pekebun serta kelompok tani pekebun berasal dari Kecamatan Tomohon Barat, Kecamatan Tomohon Utara, Kecamatan Tomohon Selatan dan penyuluh pendamping.

Sebagai narasumber, Richard Meruntu dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir Vonny Pontoh, MBA.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang diwakili Asisten Perekonomian Max Mentu SIP MAP mengatakan, untuk meningkatkan pengetahuan petani dalam teknologi dan budidaya tanaman perkebunan, meningkatkan produksi dan produktivitas pengelolaan usaha tani perkebunan ke arah yang lebih profesional, meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani dan keluarganya, perlu ada pelatihan-pelatihan.

Peserta pelatihan teknologi tepat guna
Peserta pelatihan teknologi tepat guna

Kegiatan juga dilaksanakan untuk menginventarisasi kendala/hambatan/permasalahan/tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan usaha tani perkebunan. ‘’Sasaran yang hendak dicapai adalah agar petani mampu mandiri. Untuk itu, para peserta diharapkan dapat mengikuti pelatihan dan bimbingan ini dengan baik dan penuh tanggung jawab sehingga pengetahuan yang diperoleh mampu diterapkan dan dapat meningkatkan produksi sekaligus meningkatkan kesejahteraan,’’ tukas Mentu.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung  selama 2 hari yaitu 13-14 Februari 2018 dengan metode yang digunakan dalam proses pelatihan/pembelajaran yaitu ceramah, diskusi panel, sharing dan praktek di lapangan. (ark)