194 Calon Anggota PPK Ikuti Tes Tertulis

PPK , PPK minahasa, KPU minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, menggelar tes tertulis calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pelaksanaan Pemilu 2019.

“194 calon anggota PPK Pemilu 2019, menjalani ujian tertulis di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kabupaten Minahasa,” ujar Ketua KPU Kabupaten Minahasa, Meidy Yafet Tinangon, SSi, M.Si melalui Komisioner KPU, Kristoforus Ngantung, Selasa (06/02/2018).

Menurut Ngantung, mereka yang lulus ujian tes tertulis akan dilanjutkan dengan tes wawancara.

“Nantinya akan ditentukan peserta yang lolos ujian tertulis sebanyak enam orang masing-masing kecamatan di 25 kecamatan di Minahasa. Selanjutnya akan memasuki tes wawancara yang dilakukan pokja dari KPU untuk diketahui secara mendalam tentang pemahaman mereka tentang kepemiluan dan undang-undang penyelenggaraan soal Pemilu,” jelas Ngantung.

Lanjut Ngantung, peserta ujian tertulis sebagian sudah menjadi anggota PPK untuk Pemilihan Kepala Daerah 2018. Ada pula anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara). Hal ini dimungkinkan karena sesuai peraturan KPU membolehkan anggota PPK pemilihan kepala daerah mencalonkan untuk menjadi calon anggota PPK Pemilu

“Materi ujian peserta PPK Pemilu baik tertulis maupun wawancara berkisar pemahaman penguasaan tentang aturan kepemiluan dan integritas seorang calon akan digali melalui wawancara,” jelasnya

Adapun masa kerja PPK Pemilu dimulai pada bulan Maret 2018 sampai Mei 2019. Sedangkan PPK pemilihan kepala daerah masa kerjanya dari November 2017 hingga Juli 2018. (rom)