OD-SK Minta ASN Netral di Pilkada Serentak Enam Daerah di Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), meminta aparatur sipil negara (ASN) untuk netral pada pelaksanaan Pilkada serentak di enam daerah di Sulut.

Olly pun meminta Sekdaprov Sulut, Edwin Silangen selaku Ketua Korpri Sulut, agar menjaga netralitas ASN, sebagaimana himbauan itu juga telah diingatkan serentak Panwaslu RI dan Mendagri.

Hal yang sama ditegaskan Wagub Kandouw. Menurutnya, Pemprov Sulut dalam menjaga netralisir ASN dalam Pilkada serentak tahun ini, telah mengambil langkah berkoordinasi dengan pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten kota dan membentuk tim pengawasan bersama.

“ASN itu wajib jaga netralitas sesuai amanat undang-undang. Kalian (wartawan,red) pun tau pak Gubernur menekankan soal netralitas,” katanya.

Kandouw juga mengajak kepada masyarakat di enam daerah kabupaten kota yang melaksanakan Pilkada untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

“Demokrasi itu biasa, jadikan itu suatu hal ibarat sarapan pagi. Jangan itu (Pilkada) jadi faktor untuk memecah belah atau suatu faktor tidak kondusif, jangan jadikan itu faktor ada keresahan, ada fiksi dalam masyarakat. Saya rasa masyarakat Sulut sudah sangat dewasa dalam berpolitik, jadi tidak akan termakan isu apalagi semacam Sara dan lain-lain,” pungkasnya.

Diketahui, Pilkada serentak di Sulut yakni di Kabupaten Minahasa, Minahasa Tenggara (Mitra), Talaud, Sitaro, Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan Kota Kotamobagu. (ton)