Meray: JWS Sulit Dikalahkan Pada Pilkada Minahasa 2018 Nanti

Meray: JWS Sulit Dikalahkan Saat Pilkada Minahasa 2018 Nanti
Jantje Wowiling Sajow (JWS)

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Calon Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS), tampaknya masih terlalu tangguh untuk dikalahkan. Belum lagi, kekuatan Parpol yang akan mengusung JWS di Pilkada nanti terbilang “sakti”.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Minahasa Danny Meray, mengungkapkan secara logika peta kekuatan JWS, berkaca dari Pilkada Minahasa 2012, JWS hanya didukung oleh Birokrat 10%, kemudian hukum tua sekitar 20%, tokoh agama sedikit lebih banyak berkisar 30%, ini dikarenakan JWS adalah Pelayan Khusus dan mantan Ketua Remaja Sinode GMIM selama dua periode. Kemudian kelompok Tani yang mendukungnya bekisar hanya 10%. Demikian juga jika melihat dari segi finansil, JWS bisa dibilang kalah dari lawan.

“Jika dilihat dari kekuatan di Pilkada 2012, JWS secara kasatmata pasti tidak akan menang atau imposible, tapi fakta karena tangan Tuhan bekerja dan Tuhan melihat hati akhirnya JWS menang 38 %, selisih 1,5 % dengan 3.194 suara, walaupan Dapil 2, 3 dan 4 kalah, tapi ditutupi oleh dapil 1 yang menang besar,” ungkapnya.

Nah bagaimana dengan kekuatan JWS di Pilkada Minahasa 2018?, Meray mengungkapkan secara logika bahwa JWS didukung 90% oleh Birokrasi, ini dikarenakan Bupati JWS menaikan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). Kemudian hukum tua/ lurah diperkirakan JWS didukung 99%. Apalagi tokoh agama 90%, akan mendukungnya karena baru dikepemimpinan JWS ada penghargaan insentif.

“Dengan hadirnya Petani Hebat Minahasa (PHM), 80% kelompok tani akan mendukungnya. Jika dilihat dari sisi finansial, rasanya tidak perlu diragukan, “ungkapnya.

Meray menambahkan bahwa prestasi yang ditorehkan JWS akan memberi nilai lebih. Seperti penghargaan di bidang keuangan, Pemkab Minahasa meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, selama 3 tahun berturut dimana tidak pernah diraih pemerintah sebelumnya.

“Pembangunan merata di semua wilayah, jalan diperlebar, dibuatnya jalan-jalan pertanian, HRS dalam kota, dan yang spektakuler Lapangan God Bless Minahasa dan Benteng Moraya, hadirnya KFC, perubahan kota Tondano dibarengi dengan perubahan sikap masyarakat yang cinta perubahan di kota Tondano, dan di bidang Kesehatan, pembangunan Rumah Sakit Tondano, Puskesmas hampir di semua Kecamatan, mobil ambulance, dan didukung oleh pelayanan kepada masyarakat yang baik. Jadi jika melihat kekuatan yang dimiliki dan apa yang sudah dibuat untuk Minahasa oleh sang Petahana, bisa dipastikan JWS sulit dikalahkan, “pungkasnya. (Tim)